Awasi Medsos, Kader SKPP di Jateng Bentuk Forum Komunikasi Digital

Forum Komunitas Digital
Forum Komunitas Digital dibentuk untuk ikut awasi medsos selama tahapan Pemilu 2024.

Semarang, Idola 92,6 FM – Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) di Jawa Tengah membentuk forum komunikasi, untuk mengawasi penggunaan media sosial (medsos) selama masa tahapan Pemilu 2024. Forum komunikasi yang dibentuk dengan nama Forum Komunitas Digital itu, berisi alumni SKPP bentukan Bawaslu Jateng.

Komisioner Bawaslu Jateng Rofiuddin mengatakan pembentukan Forum Komunitas Digital itu, sebagai bentuk pengawasan partisipatif yang diarahkan untuk mengawasi konten-konten di medsos. Pernyataan itu dikatakan saat dihubungi, kemarin.

Rofi menjelaskan, tugas dari Forum Komunitas Digital itu di antaranya adalah mencatat dan menangkap layar berkaitan dengan dugaan pelanggaran di ruang siber. Selain itu menginformasikan atau melaporkan, jika ditemukan adanya pelanggaran pemilu.

Menurutnya, konten-konten di medsos menjadi salah satu penyebab adanya banyak pelanggaran pemilu hingga muncul disinformasi berkaitan dengan proses pelaksanaan pemilu.

“Para kader SKPP di Jawa Tengah membentuk forum secara khusus konsentrasi pada pengawasan konten-konten di media sosial. Kita tahu bahwa pemilu hari ini sangat erat kaitannya dengan peredaran informasi di media sosial, sehingga kita harus terus menerus melakukan pengawasan-pengawasan bersama kader-kader SKPP,” kata Rofi.

Lebih lanjut Rofi menjelaskan, kader-kader SKPP juga berkomitmen untuk membuat konten-konten di media sosial berisi soal pentingnya pengawasan pemilu. Konten-konten yang diproduksi Forum Komunitas Digital itu, untuk menghadang adanya konten disinformasi atau konten hoax berkaitan dengan pemilu.

“Forum-forum seperti ini akan menjadi tempat menguatkan pengawasan Pemilu 2024. Terutama, menggandeng generasi muda yang melek terhadap dunia media sosial,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaMengenal Ekspedisi Sungai Nusantara bersama Pendiri Yayasan Ecoton Prigi Arisandi
Artikel selanjutnyaKanwil DJP Jateng I Bekali Lingkungan Kampus Literasi Pajak
Wartawan senior Radio Idola Semarang.