Bawaslu Jateng Banyak Pemantau Ikut Berpartisipasi di Pemilu 2024

Anik Sholihatun, Komisioner Bawaslu Jateng.
Anik Sholihatun, Komisioner Bawaslu Jateng.

Semarang, Idola 92,6 FM – Bawaslu Jawa Tengah meminta seluruh komponen atau organisasi masyarakat, bisa menjadi pemantau Pemilu 2024 agar berjalan sukses dan terjaga marwah demokrasinya. Semakin banyak pemantau yang terlibat, maka semakin sehat Pemilu 2024.

Komisioner Bawaslu Jateng Anik Sholihatun mengatakan semakin banyak pemantau yang hadir mengawal pemilu, maka makin sehat pelaksanaan pesta demokrasi. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di kantornya, kemarin.

Anik menjelaskan, Bawaslu Jateng membuka ruang yang cukup luas kepada seluruh komponen masyarakat dan terutama pemantau pemilu guna menjaga pelaksanaan kesuksesan Pemilu 2024. Bawaslu Jateng siap berdiskusi dan memfasilitasi serta membantu para pemantau pemilu, agar pelaksanaan pemilu bisa berjalan sukses dan terjaga kualitas demokrasinya.

Menurutnya, kerja-kerja kolaboratif antara pemantau pemilu dengan pengawas pemilu akan tetap dapat terlaksana sampai Pemilu 2024. Sehingga, komitmen bersama untuk mengawal dan mendukung serta menjaga kualitas pemilu dan demokrasi akan terus dilakukan.

“Bawaslu provinsi memang konsen mendorong dan mendukung mereka semua organisasi masyarakat ini, agar sama-sama ikut andil berperan untuk mengawal proses Pemilu 2024. Ini penting karena Bawaslu meyakini bahwa salah satu indikator sehatnya demokrasi itu adalah dengan banyaknya lembaga pemantau yang ikut mengawal pemilu dan demokrasi,” kata Anik.

Lebih lanjut Anik menjelaskan, bila mengacu pada UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu pada poin partisipasi masyarakat itu dibuka seluas-luasnya ruang bagi pemantau pemilu. Artinya, semakin banyak pemantau maka semakin baik dan semakin sehat proses pemilu.

“Bila mengacu pada standar internasional, juga sama sebenarnya. Makin banyak lembaga yang mengawasi dan mengawal, maka makin berkualitas proses demokrasinya,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnya264 Kerajaan dan Lembaga Adat Pamerkan Atraksi Budaya di Borobudur
Artikel selanjutnyaPGN Mulai Bangun Pipa Distribusi ke ruas Mangkang-KIK Kendal
Wartawan senior Radio Idola Semarang.