264 Kerajaan dan Lembaga Adat Pamerkan Atraksi Budaya di Borobudur

Pawai budaya di Candi Borobudur
Pawai budaya yang berlangsung di Candi Borobudur untuk memeriahkan Festival Adat Budaya Nusantara II.

Semarang, Idola 92,6 FM – Festival Adat Budaya Nusantara II dimeriahkan dengan pawai karnaval budaya yang digelar di kawasan Candi Borobudur, kemarin. Festival Adat Budaya Nusantara II diikuti 264 kerajaan dan lembaga adat.

Perdana Menteri Kerajaan Adat Gowa Andi Bau Malik Barammamase mengatakan kegiatan ini diikuti kerajaan dan keraton, dari Sabang sampai Merauke dan dari Miangas sampai Pulau Rote. Hal itu menunjukkan, bahwa Indonesia kaya akan budaya.

Menurutnya, Festival Adat Budaya Nusantara tidak hanya dihadiri kerajaan atau keraton dari Indonesia saja tetapi juga sebagian negara tetangga. Yakni dari Malaysia, Thailand, Jepang dan lainnya.

“Belum pernah festival keraton atau kerajaan yang dilakukan di Indonesia ini atau di nusantara yang hadir sebanyak ini. Bahwa kita semua para raja, sultan, datuk dan sebagainya itu mendeklarasikan sebuah pesan moral kepada seluruh penguasa-penguasa adat bahwa kita harus tetap menjaga adat dan budaya,” kata Andi.

Sementara itu Ketua DPP Masyarakat Adat Nusantara KGPAA Mangku Alam II mengaku senang, kegiatan Festival Adat Budaya Nusantara digelar di Jateng.

Bahkan, dirinya mengakui belum pernah ada festival keraton atau kerajaan yang dilakukan di Indonesia dan dihadiri banyak kerajaan atau keraton.

“Mudah-mudahan acara ini bisa bermanfaat untuk kepentingan masyarakat dan lebih maju masyarakat adat nusantara di tahun-tahun ke depan. Harapannya, masyarakat bersama para raja dan sultan bisa bekerja sama dengan pihak pemerintah ke depan,” ujar KGPAA Mangku Alam II.

Dirinya berharap, kegiatan serupa yang akan digelar tahun depan di Sumatera Barat juga bisa berlangsung meriah. (Bud)

Artikel sebelumnyaMengenal Gugus Kerja Sama LPPM UNNES bersama Dr. Ratna Dewi Kusumaningtyas
Artikel selanjutnyaBawaslu Jateng Banyak Pemantau Ikut Berpartisipasi di Pemilu 2024
Wartawan senior Radio Idola Semarang.