Belajar Politik, 10 Mahasiswa dan Pelajar Ikut Kerja Bareng Gubernur Jateng

Mahasiswa dan pelajar mengikuti kegiatan Gubernur
Sejumlah mahasiswa dan pelajar mengikuti kegiatan Gubernur Ganjar Pranowo dalam program sehari bersama gubernur.

Semarang, Idola 92,6 FM – Sebanyak 10 mahasiswa dan pelajar di Jawa Tengah dan Yogyakarta, berkesempatan mengikuti program sehari bersama gubernur untuk belajar tentang politik dan pemerintahan. Para mahasiswa dan pelajar itu, seharian penuh mengikuti kegiatan kerja Gubernur Ganjar Pranowo.

Mahasiswa Fakultas Hukum UGM Yoseph Satria Adiatama mengaku senang, dirinya bisa mengikuti kegiatan gubernur Jateng dan melihat cara kerja seorang gubernur. Hal itu dikatakan saat ditemui di sela kunjungan kerja gubernur ke Rembang, baru-baru ini.

Yoseph menjelaskan, dirinya bersyukur mendapat pengalaman berharga ikut kegiatan bersama orang nomor satu di Jateng. Sehingga, dirinya mengetahui secara ditel pola kerja seorang kepala daerah.

“Mungkin jadi pengalaman berharga bagi saya, karena bisa ikut Bapak Ganjar untuk road show dan mengunjungi warga itu merupakan pengalaman berharga buat saya,” kata Yosef.

Siswi SMKN 9 Semarang Berliana menambahkan, mengikuti kerja seorang kepala daerah ternyata tidak mudah dan membuat dirinya kelelahan. Padahal, hal itu baru dilakukan sehari saja.

Menurut Berliana, ada pelajaran berharga yang bisa diambil ketika mengikuti program sehari bersama gubernur. Yakni, bagaimana seorang pemimpin menyapa dan bersosialisasi dengan masyarakat.

“Capek tapi seru juga, karena baru pertama ngrasain kayak gini. Blusukan kayak gitu ternyata begini kerjanya. Dulu pikiran saya gubernur kerjanya cuma di kantor saja, ternyata juga keliling secapek ini,” ujar Berliana.

Sementara itu salah satu pemuda asal Nusa Tenggara Timur, Risalno nekat pergi jauh menuju Jateng untuk bisa belajar tentang politik. Bahkan tokoh yang didatangi tidak sembarangan, yakni gubernur Jateng.

Menurutnya, pada 2024 mendatang dirinya akan mencoba peruntungan di dunia politik menjadi calon anggota legislatif di daerahnya. Sehingga, dirinya merasa harus belajar politik dari tokoh panutannya.

“Saya dari SMA itu sudah tertarik sama politik, jadi ke sini buat belajar dan menambah pengalaman. Rencana saya mau jadi caleg DPD provinsi 2024 ddi NTT,” ucap Risalno.

Risalno berharap, upayanya pergi jauh belajar politik bisa memberikan manfaat dan bekal nantinya untuk bertarung di ajang pemilihan legislatif di daerahnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaInstalasi Listrik Semrawut Jadi Penyebab Kebakaran Relokasi Pasar Johar
Artikel selanjutnya5 Daerah di Jateng Masih Rendah Progres Vaksinasi