BI Jateng Buka Layanan Penukaran Uang di Rest Area

Penukaran uang BI di Mal Paragon
Masyarakat antre menukar uang di layanan penukaran uang BI di Mal Paragon Semarang.

Semarang, Idola 92,6 FM – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah membuka layanan penukaran uang bagi masyarakat pemudik, di dua tempat istirahat di jalan tol. Yakni di Kabupaten Semarang, dan di Kota Salatiga.

Kepala KPw BI Jateng Rahmat Dwisaputra mengatakan selama Ramadan dan Lebaran ini, pihaknya membuka 425 titik layanan penukaran uang bagi masyarakat untuk berhari raya. Termasuk, di rest area Bawen dan juga rest area Salatiga pada 25-26 April 2022. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di acara UMKM Gayeng 2022 di Mal Paragon Semarang, kemarin.

Rahmat menjelaskan, khusus untuk penukaran uang di rest area Bawen maupun Salatiga itu dimulai pada pukul 10.30 hingga 12.30 WIB. Masyarakat pemudik yang kebetulan melintas di jalan tol Trans Jawa, dan singgah di rest area Bawen maupun Salatiga bisa memanfaatkan layanan kas keliling penukaran uang.

Menurut Rahmat, untuk penukaran uang di rest area tidak perlu mendaftar melalui Pintar BI tetapi bisa langsung datang. Hanya saja, kuota penukaran terbatas dan tidak menyediakan banyak uang pecahan kecil.

“Kalau mau ke kantor (BI) atau bank, bisa pakai web (aplikasi Pintar BI). Kalau kas keliling, monggo datang langsung tidak apa-apa. Jadi di rest area itu boleh siapa saja, tanpa harus pakai itu (aplikasi) tidak apa-apa. Kalau orangnya yang mau nukar, ya tergantung modal kita. Kalau sudah habis ya habis, tapi kalau per orangnya dibatasi Rp3,8 juta,” kata Rahmat.

Lebih lanjut Rahmat menjelaskan, biasanya layanan penukaran uang di setiap titiknya itu dibatasi 100 orang saja dan sehari per paketnya Rp3,8 juta. Sedangkan untuk di rest area, berdasarkan jumlah uang yang dibawa dan tersedia di mobil layanan kas keliling.

“Kita sebelumnya juga melayani penukaran uang di sejumlah pasar tradisional di Kota Semarang. Ada di Pasar Peterongan, Johar dan Karangayu,” jelasnya.

Diketahui, Kantor Perwakilan BI Jateng membuka 425 titik layanan penukaran uang bagi masyarakat yang membutuhkan uang pecahan kecil. KPw BI Jateng bekerja sama dengan 56 perbankan umum, melayani penukaran uang selama Ramadan. (Bud)

Artikel sebelumnyaMerefleksi Hari Hartini, Bagaimana Membangun Kesadaran Bahwa Kaum Perempuan Adalah Pendidik Utama dan Pertama Bagi Generasi Bangsa?
Artikel selanjutnyaJasamarga Semarang Siapkan Rekayasa Lalin Saat Diberlakukan One Way

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini