BPJS Kesehatan Tetap Layani Masyarakat Selama Lebaran

Petugas BPJS Kesehatan
Petugas BPJS Kesehatan saat memberikan pelayanan tatap muka kepada masyarakat peserta JKN.

Semarang, Idola 92,6 FM – BPJS Kesehatan Cabang Semarang tetap memberikan layanan tatap muka, baik selama bulan puasa atau saat nanti masa libur Lebaran kepada masyarakat peserta JKN. BPJS Kesehatan memastikan, selama masa libur Lebaran peserta JKN tetap bisa mendapatkan pelayanan yang optimal.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Semarang Andi Ashar mengatakan pihaknya tidak hanya memberikan layanan tatap muka saja kepada peserta JKN, tetapi juga bisa melakukan pelayanan virtual. Yakni melalui Care Center 165, CHIKA, Pandawa atau aplikasi Mobile JKN. Pernyataan itu dikatakan saat bertemu dengan wartawan, Selasa (19/4) malam.

Andi menjelaskan, melalui kanal-kanal yang ada itu peserta JKN bisa mengurus administrasi pendaftaran baru atau penambahan dan juga pengurangan anggota keluarga. Termasuk perubahan segmen kepesertaan, pengaktifan kembali kartu dan juga perubahan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

Menurutnya, dengan dibukanya layanan tatap muka atau virtual selama Ramadan hingga masa libur Lebaran itu akan memudahkan masyarakat peserta JKN mengakses layanan administrasi. Khusus untuk layanan virtual, peserta JKN bisa mengakses dari mana saja dan kapan saja.

“Karena prinsipnya dalam program JKN itu, jangan sampai atau tidak boleh ada kendala dalam mengakses layanan kesehatan. Dalam kondisi apapun. Jadi orang mudik Lebaran sampai ke Semarang jangan khawatir, karena kita punya Mobile JKN. Mobile JKN itu banyak informasi, salah satunya adalah layanan telekonsultasi dan kalau gawat darurat bisa langsung ke rumah sakit,” kata Andi.

Andi Ashar, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Semarang:

Lebih lanjut Andi menjelaskan, bagi pemudik dari daerah lain yang datang ke Kota Semarang maupun Kabupaten Demak di bawah kewenangan BPJS Kesehatan Cabang Semarang juga tidak perlu khawatir. Peserta JKN dari perantauan, juga bisa mendapatkan layanan kesehatan selama kartu masih aktif dan tidak ada tunggakan pembayaran iuran.

“Rumah sakit di kantor cabang Semarang ada 31 yang sudah bekerja sama, yang 26 di Kota Semarang dan lima di Kabupaten Demak. Kalau faskesnya ada 350 faskes,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaDisnakertrans Jateng Buka Posko Aduan THR
Artikel selanjutnyaBI Jateng Dorong UMKM Hasilkan Produk Ramah Lingkungan