Dengan Olahraga Rutin Bisa Cegah Osteoporosis

Olahraga bersama
Anggota DPD Perwatusi Jateng saat berolahraga bersama di Gradhika Bhakti Praja.

Semarang, Idola 92,6 FM – Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi) Jawa Tengah mengajak masyarakat, melawan tulang keropos atau osteoporosis. Sebab, osteopororis tidak hanya menyerang lansia saja tetapi juga yang berada di Jalan Srigunting.

Ketua Umum Perwatusi Anita Hutagalung mengatakan Jateng rawan terjadi osteoporosis, sehingga perlu ada dorongan lebih masif kepada masyarakat. Yakni, mengedepankan edukasi dan pencegahan serta bagaimana melawan osteoporosis. Pernyataan itu dikatakan di sela pencanangan Gerakan Jawa Tengah Melawan Osteoporosis di halaman Gradhika Bhakti Praja, kemarin.

Anita menjelaskan, olahraga yang baik dan terukur serta teratur bisa mencegah penyakit osteoporosis. Terutama, sudah dilakukan sejak masih remaja hingga berlanjut saat lansia.

Menurutnya, sejak remaja sudah terbangun kebiasaan berolahraga maka mineral di dalam tulang akan tetap terjaga.

“Prinsipnya kita membantu pemerintah, dalam upaya menyehatkan tulang masyarakat Indonesia. Untuk itu kami berupaya segala macam untuk berkolaborasi dengan pemerintah, dan Insya Allah dengan acara seperti ini gaung osteoporosis di Jawa Tengah ini akan cepat tersebar. Semoga pemerintah daerah dengan Perwatusi bisa selalu bekerja sama untuk melawan osteoporosis,” kata Anita.

Lebih lanjut Anita menjelaskan, saat ini penyakit osteoporosis dari waktu ke waktu frekuensinya terus mengalami peningkatan. Satu dari tiga orang perempuan, cenderung mengalami osteoporosis untuk di wilayah Jateng.

“Pencegahannya harus olahraga rutin, dan jangan lupa gizi harus seimbang,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaKompor Induksi Bantu Kurangi Biaya Konsumsi Rumah Tangga Dari Sektor Energi Gas
Artikel selanjutnyaIdola Business Gathering edisi September 2022