Idola Business Gathering edisi September 2022

Idola Business Gathering

Pemerintah Indonesia memberikan perhatian khusus pada bisnis UKM. Karena, meski bermodal kecil, tapi UKM mampu mendongkrak perekonomian negara, serta memangkas angka pengangguran. Tak tanggung-tanggung, UKM turut berkontribusi sebesar 60 persen atas produk domestik bruto negara di tahun 2018.

Sayangnya, meski jumlahnya cukup banyak, namun banyak pula pengusaha pemula yang berguguran. Bahkan, tidak sedikit UKM yang gulung tikar pada tahun pertama usahanya. Salah satu penyebabnya, adalah minimnya pemahaman mereka atas strategi usaha. Selain itu, tak sedikit yang sekedar ikut-ikutan.

Menurut Fundera, sebuah marketplace untuk solusi keuangan bagi usaha kecil, sebagian besar UKM yang gulung tikar pada tahun pertama usahanya bukan disebabkan karena produknya yang tidak memiliki pasar, tetapi karena sebagian besar kurang memiliki pemahaman mindset dan skillset yang diperlukan.

Hampir semua pelaku UKM adalah para self-employed, artinya mereka sesungguhnya layaknya karyawan hanya saja bekerja untuk usahanya sendiri, sehingga kurang menyadari perlunya membangun system dan mengotomasi usahanya yang memungkinkan dirinya untuk menduplikasi dan membuka cabang sehingga sulit berkembang.

Kondisi itulah yang mendorong Radio Idola sehingg ingin menggelar program perbincangan yang bertajuk Idola Business Gathering, dengan tema: “Mendorong UKM Naik Kelas, Melalui Peningkatan Skillset dan Mindset.” Agar semakin banyak pelaku UKM yang naik kelas melalui peningkatan kemampuan teknis dan mindsetnya.

Hari: Selasa.
Tanggal: 20 September 2022.
Pukul: 08.30 – 11.00 WIB.
Tempat: Harris Hotel Sentraland, Jl. Ki Mangunsarkoro No.36 Semarang.

Narasumber:

1. Dra. Emma Rahmawati, M.Hum. (Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Tengah).
2. Prof. Dr. Suharnomo, S.E, M.Si, Ph.D. (Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Undip).
3. Maxim Mulyadi (Owner PT Tirta Makmur Ungaran, Air Mineral Pelangi).

Host: Nadia Ardiwinata

GRATIS TERBATAS!
Pendaftaran klik https://bit.ly/ibg0922

Idola Business Gathering: Mendorong UKM Naik Kelas, Melalui Peningkatan Skillset dan Mindset
Artikel sebelumnyaDengan Olahraga Rutin Bisa Cegah Osteoporosis
Artikel selanjutnyaPolda Jateng Ajak Mahasiswa Peduli Terhadap Masyarakat Miskin Secara Nyata
Radio Idola Semarang tidak terbawa arus mainstream yang berfalsafah Bad News is a Good News, tetapi sebaliknya, Radio Idola Semarang justru menghayati semangat Positive Journalism. Radio Idola Semarang, Memandu & Membantu.