Kadin Jateng Siap Bantu Pemerintah Atasi Inflasi Tinggi

Kadin Jateng
Photo/KadinJateng_MAP

Semarang, Idola 92,6 FM – Kadin Jawa Tengah siap ambil bagian, dalam upaya ikut menekan laju inflasi yang terus mengalami kenaikan. Hal itu berdasarkan inflasi pada Juni 2022 cukup tinggi, ditandai dengan kenaikan sejumlah komoditas pangan masyarakat.

Ketua Umum Kadin Jateng Harry Nuryanto mengatakan sejumlah komoditas yang menyumbang inflasi di antaranya adalah cabai-cabaian, bawang merah dan telur ayam ras. Pernyataan itu dikatakannya saat bertemu Gubernur Ganjar Pranowo di Puri Gedeh, Senin (12/7) malam.

Harry menjelaskan, Kadin Jateng akan terlibat dalam upaya menekan laju inflasi di provinsi ini. Mulai dari mengontrol distribusi dan harga cabai-cabaian, bawang merah dan sebagainya.

Ganjar
Gubernur Ganjar Pranowo saat meninjau pergerakan harga di pasar tradisional.

Menurutnya, Kadin Jateng akan bersama seluruh Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) terkait untuk mendesain solusi dari penekanan laju inflasi.

“Terkait dengan bagaimana menghadapi inflasi yang naik terus. Jadi, kami dari Kadin Jawa Tengah akan selalu bersinergi dengan kebijakan pemerintah apa yang diterapkan bersama-sama menekan hal itu. Insya Allah nanti dari bidang-bidang kami yang terkait dengan perdagangan untuk bisa menekan lajunya inflasi yang ada,” kata Harry.

Lebih lanjut Harry menjelaskan, langkah yang pendek yang bisa dilakukan Kadin Jateng akan terjun langsung ke pasar dan menggerakkan roda perekonomian. Termasuk berkomunikasi dengan Bank Indonesia, untuk saling menjalin bekerja sama mengatasi hal tersebut.

“Kami akan bersinergi dengan kebijakan pemerintah, khususnya dalam menghadapi dan menekan inflasi yang terus naik,” jelasnya.

Diwartakan sebelumnya, pada Juni 2022 Jateng mengalami inflasi sebesar 4,97 persen. Enam daerah yang dilakukan survei kebutuhan hidup, semuanya mengalami inflasi. (Bud)

Artikel sebelumnyaBagaimana Kita Menghindar dari “Butterfly Effect” Resesi Global?
Artikel selanjutnyaPer 17 Juli, Ada Aturan Baru Naik Pesawat