Kemendikbudristek Gelar Gala Dinner Menteri Kebudayaan G20 di Candi Borobudur

Hilmar Farid
Hilmar Farid, Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek. (Photo/Istimewa)

Semarang, Idola 92,6 FM – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi akan menggelar gala dinner untuk menteri kebudayaan negara-negara anggota G20, di Candi Borobudur pada 12 September 2022. Rencananya, kegiatan tersebut juga akan melibatkan seniman-seniman negara peserta G20 untuk menyajikan penampilan orkestra.

Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid mengatakan untuk memaksimalkan pelaksanaan tersebut, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemprov Jawa Tengah sebagai tuan rumah dari lokasi acara. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di kantor gubernur, baru-baru ini.

Hilmar menjelaskan, kegiatan gala dinner tersebut menjadi ajang dalam mempromosikan potensi wisata yang ada di Candi Borobudur. Sehingga, negara-negara anggota G20 bisa lebih mengetahui lebih dekat potensi wisata Candi Borobudur.

Menurutnya, ada satu tradisi unik yang juga akan digelar di gala dinner tersebut yaitu ruwatan bumi.

“Jadi akan ada pertemuan menteri bidang kebudayaan tanggal 12-14 September di Borobudur. Tanggal 12 September kita ada gala dinner dengan menteri-menteri bidang kebudayaan, dan setelah itu juga akan ada orkestra yang pemainnya itu musisinya berasal dari negara-negara anggota G20,” kata Himar.

Lebih lanjut Hilmar menjelaskan, ada pesan khusus dari Gubernur Ganjar Pranowo agar masyarakat sekitar juga dilibatkan. Terutama masyarakat desa di sekitar Candi Borobudur.

“Kita akan kerja sama dengan para pelaku seniman dan budaya yang ada di tingkat lokal bisa dilibatkan,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaPGN Terus Tingkatkan Pemanfaatan Gas Bumi
Artikel selanjutnyaTingkatkan Perekonomian, Bandara Ahmad Yani dan Hipmi Jateng Buka Peluang Kerja Sama