Mendag Pastikan Harga Komoditas Pangan Tetap Terjaga

Mendag Zulkifli Hasan
Mendag Zulkifli Hasan saat memantau harga komoditas pangan di Pasar Gayamsari Semarang, Rabu (27/7).

Semarang, Idola 92,6 FM – Menteri Perdagangan memastikan, harga kebutuhan pokok tetap stabil dan tidak terjadi kenaikan. Tidak hanya soal harga komoditas pangan strategis, tetapi juga pasokan tetap stabil.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan hasil pemantauan di Pasar Gayamsari Semarang, diketahui memang harga sejumlah komoditas pangan sudah mengalami penurunan. Hal itu diketahui, saat dirinya melihat langsung dan berdialog dengan pedagang maupun pembeli di Pasar Gayamsari Semarang, Rabu (27/7).

Zulhas menjelaskan, dari intervensi yang dilakukan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah mampu menurunkan sejumlah harga komoditas pangan. Beberapa di antaranya sudah mengalami penurunan dari harga pada dua pekan kemarin.

Menurutnya, untuk harga bawang merah saja dari sebelumnya Rp70 ribu per kilogram sekarang sudah menjadi Rp40 ribu per kilogramnya. Sedangkan untuk minyak goreng, masih di bawah harga ketentuan sehingga tidak terlalu dirisaukan.

“Harga sudah turun tapi stabil, kalau minggu lalu kan jauh sekali. Apabila memang masih mahal harganya, maka akan kita drop lagi komoditasnya. Seluruh pihak melakukan drop komoditas di pasar, sehingga harga bisa turun tidak lagi mahal. Kita banjiri stok komoditas pangan,” kata Zulhas.

Lebih lanjut Zulhas menjelaskan, pihaknya terus melakukan pemantauan pergerakan harga komoditas pangan di wilayah Jawa dan Sumatera maupun Kalimantan. Sehingga, tidak ada kelangkaan stok pangan maupun harga komoditas naik tinggi.

“Nanti giliran yang di wilayah Indonesia timur, Papua. Kita juga akan lakukan hal yang sama,” jelasnya.

Sementara itu, dari hasil pemantauan harga di Pasar Gayamsari memang semua pedagang sepakat jika harga komoditas pangan sudah mengalami penurunan. Bahkan, stok yang sempat langka saat ini sudah cukup melimpah tersedia. (Bud)

Artikel sebelumnyaPeduli Lingkungan, Pertamina Tanam 12 Ribu Bibit Mangrove
Artikel selanjutnyaPerpres Strategi Nasional Penghapusan Kekerasan Anak, Bagaimana Mengawal Pelaksanaannya?