Mengenal Bambang Karyanto, Pegiat Lingkungan dan Inisiator Kampung Ramah Gas Rumah Kaca dari Banjarmasin

Bambang Karyanto
Bambang Karyanto Pegiat Lingkungan/Inisiator Kampung Ramah Gas Rumah Kaca dari Banjarmasin Kalimantan Selatan. (Photo dok Bambang)

Banjarmasin, Idola 92.6 FM – Atas kepeduliannya pada lingkungan, pegiat lingkungan di Banjarmasin Kalimantan Selatan Bambang Karyanto, membagikan bibit tanaman secara gratis ke siapapun untuk penghijauan. Baik menghijaukan pekarangan rumah, lingkungan sekolah, perkantoran, ruang terbuka publik ataupun lahan-lahan kritis.

Lelaki kelahiran Banjarmasin ini, menyemai bibit-bibit tersebut di pekarangan rumahnya. Ada bibit buah endemik Kalsel seperti mangga kasturi, dan beraneka ragam bibit tanaman lainnya. Baik menghasilkan buah, atau tak berbuah.

Penyerahan 500 bibit gratis
Penyerahan 500 bibit gratis kepada yang mewakili Kadis DLH Kab. Penajam Paser Utara (PPU) calon Ibu Kota Negara Nusantara Kalimatan Timur. (Photo dok Bambang)

“Lapisan ozone kita semakin menipis, aktivitas kita ada sampah dibakar, menggunakan plastik-plastik sekali pakai dibuang,” ungkap Bambang kepada radio Idola pagi (21/03) tadi, saat menjelaskan mengapa dirinya menginisiasi Kampung Ramah Gas Rumah Kaca. Saat ini, luas Kampung Ramah Gas Rumah Kaca sekitar 10 hektar yang berlokasi di 7 RT.

Drs.Teguh Haryanto
Setelah penyerahan 500 bibit gratis, langsung diadakan penanaman bersama Kadis DLH Kab. Penajam Paser Utara Kalimantan Timur, Drs.Teguh Haryanto. (Photo dok Bambang)

Selaku penggagas Kampung Ramah Gas Rumah Kaca, ia mengajak warga untuk tidak lagi membakar sampah, membatasi penggunaan plastik, memperbanyak penanaman pohon, dan tidak memakai pupuk kimia untuk bercocok tanam.

Bambang Karyanto (Tengah)
Bambang Karyanto (tengah) di lokasi penanaman di Tahura Lati Petangis bersama Kepala DLH bersama-sama kabid DLH di Kabupaten Penajam Paser Utara Kalimantan Timur. (Photo dok Bambang)

Hingga kini, lebih dari 3.500 bibit tanaman sudah dibagikan. Bahkan dua tahun lalu, saat Bambang menikahkan dua putrinya, ia bagikan masing-masing 1.000 bibit tanaman untuk souvenir anak yang jadi pengantin waktu itu.

Sejauh ini bagaimana dengan kegiatan penghijauan yang dilakukan Bambang? Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Bambang Karyanto, Pegiat Lingkungan dan Inisiator Kampung Ramah Gas Rumah Kaca dari Banjarmasin Kalimantan Selatan. (yes/her)

Dengarkan podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaSoroti Perbudakan ABK di Kapal Asing, SBMI dan Greenpeace Gelar Nobar Film “Before You Eat” Sepanjang 2022
Artikel selanjutnyaEnesis Group Terus Lakukan Inovasi Produk Di Tengah Pandemi

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini