Mengenal Forum Pemuda Peduli Karst Citatah (FP2KC) Peraih Kalpataru bersama Kang Deden

Deden Syarif Hidayat
Deden Syarif Hidayat (tengah bersama Kalpataru) Ketua Forum Pemuda Peduli Karst Citatah (FP2KC) Kabupaten Bandung Barat saat menerima penghargaan Kalpataru 2021 dari Kementerian LHK. (Photo dok Deden)

Bandung, Idola 92.6 FM – Atas keprihatiannnya melihat kondisi kawasan Karst Citatah di Kabupaten Bandung Jawa Barat, sekelompok anak muda tergerak. Mereka menginisiasi Forum Pemuda Peduli Karst Citatah (FP2KC).

Menurut Deden Syarif Hidayat Ketua FP2KC, kerusakan kawasan Karst sudah terlihat sejak tahun 1970 saat mulai ditambang oleh warga. Melihat hal ini, Deden dan kaum muda warga setempat berkumpul untuk mencari solusi. Akhirnya pada tahun 2009 terbentuklah FP2KC.

Deden Syarif Hidayat
Deden Syarif Hidayat Ketua FP2KC bersama tim, saat diterima oleh plt Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan usai menerima penghargaan Kalpataru. (Photo dok Deden)

Seiring berjalannya waktu, forum ini berhasil menyelamatkan kawasan Karst Citatah dan membangun objek geowisata berwawasan konservasi, edukasi, dan pemberdayaan masyarakat dilakukan di empat desa. Hingga saat ini, ada 50 orang yang tergabung dalam FP2KC dan terus konsisten menjaga Karst Citatah.

Deden Pasca mendapat penghargaan Kalpataru
Pasca mendapat penghargaan Kalpataru dan Trophy Proklim, Deden dan tim menerima kunjungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (Photo dok Deden)

Atas dedikasi FP2KC, baru-baru ini, mereka mendapat apresiasi berupa Penghargaan Kalpataru dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada 2021.

Kegiatan Forum Pemuda Peduli Karst Citatah
Forum Pemuda Peduli Karst Citatah melakukan giat pelebaran penanaman pohon. (Photo dok Deden)

Selengkapnya, mengenal Forum Pemuda Peduli Karst Citatah (FP2KC) berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Deden Syarif Hidayat, Ketua FP2KC Kabupaten Bandung Barat. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaKenapa Kasus Korupsi Kepala Daerah Seperti Layaknya Arisan?
Artikel selanjutnyaMabes Polri Ungkap Sindikat Penyelewengan BBM Bersubsidi