Mengenal Inovasi Aplikasi Tuberculosis (TB) Cleaner karya Siswa SMA PGRI Kayen Pati

Diah Kusuma Wardani dan Bagas Nur Ardianto
Diah Kusuma Wardani dan Bagas Nur Ardianto Siswa SMA PGRI Kayen Pati Jawa Tengah berinovasi membuat aplikasi Tuberculosis (TB) Cleaner. (Photo dok Diah)

Pati, Idola 92.6 FM – Dua siswa SMA PGRI Kayen, Pati, Jawa Tengah berinovasi membuat aplikasi Tuberculosis (TB) Cleaner. Mereka adalah Diah Kusuma Wardani dan Bagas Nur Ardianto. Atas inovasinya tersebut, mereka mendapatkan medali perak dalam ajang Indonesian Science Project Olimpiad (ISPO) 2022 dan akan mewakili Indonesia untuk mengikuti ajang Informatric yang akan digelar di Mexico pada Juni 2022 mendatang.

Menurut Diah, ide pembuatan aplikasi TB Cleaner, muncul setelah mengamati masih maraknya penyakit TB di masyarakat. Apalagi di masa pandemi covid-19, orang yang bergejala TB geraknya terbatas jika mau periksa ke tempat layanan kesehatan. Padahal TB itu ada. Oleh karena itu mereka kemudian membuat aplikasi yang memiliki fitur untuk melakukan screening/ tracing dan pelacakan pasien baru.

Login TB Care
Aplikasi Tuberculosis (TB) Cleaner karya siswa SMA PGRI 2 Kayen Pati meraih medali perak dalam ajang Indonesian Science Project Olimpiad (ISPO) 2022. Atas inovasi ini, mereka akan mewakili Indonesia untuk mengikuti ajang Informatric yang akan digelar di Mexico pada Juni 2022 mendatang. (Photo dok Diah)

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Diah Kusuma Wardani siswi SMA PGRI Kayen Pati, yang membuat aplikasi Tuberculosis (TB) Cleaner dan meraih medali perak dalam ajang Indonesian Science Project Olimpiad (ISPO) 2022. (yes/her)

Dengarkan podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaMengubah Status Pandemi Menjadi Endemi, Kesiapan Seperti Apa yang Mesti Dilakukan?
Artikel selanjutnyaKadin Jateng Beri Penghargaan ke 10 UMKM Terbaik