Mengenal Sarinah, Guru Kreatif dari SDN 020 Sepaku Penajam Paser Utara Kaltim

Sarinah
Sarinah Guru Kreatif dari SDN 020 Sepaku Penajam Paser Utara Kalimantan Timur. (Photo dok Sarinah)

Kaltim, Idola 92.6 FM – Sejak awal mengajar tahun 2006, guru perempuan ini telah mencoba banyak metode belajar-mengajar. Semua dilakukan untuk membuat suasana belajar siswa jadi menyenangkan.

Sosok guru kreatif itu adalah Sarinah, tenaga pengajar di SDN 020 Sepaku Penajam Paser Utara Kalimantan Timur. Menurut guru kelas IV, berbagai metode dilakukan agar anak didiknya terus berkembang mengikuti jaman. Murid dibebaskan menggunakan alat peraga dan cara.

Sarinah
Sarinah saat mengajar di kelas IV SDN 020 Sepaku Penajam Paser Utara. (Photo dok Sarinah)

“Agar rindu ke sekolah. Tujuan sekolah itu, main yang bermakna. Saya buat mereka (anak-anak) senang dulu,”tutur Sarina kepada kepada radio Idola, pagi (12/08) tadi. Selain itu, tambah Sarinah, di dalam kelas selalu ada musik.

Dampaknya setiap istirahat, anak-anak justru betah di dalam kelas. ”Karena mereka nyaman di dalam kelas,”ungkap guru yang mengajar dengan mengedepankan hati.

Dengan model belajar yang diterapkan di kelas tersebut, mengantarkan siswa-siswa SDN 020 Sepaku meraih berbagai prestasi. Karya dan penghargaan siswa terus mengalir laksana air di sungai Mahakam. Baik di tingkat kabupaten ataupun provinsi.

“Bahkan pernah menjadi juara lomba dongeng tingkat nasional,”terang Sarinah sambil mengenang perjuangan bagaimana melaju di jalan yang rusak dan berkubang untuk menuju tempatnya bertugas sebelum pembangunan Ibu Kota Negara (IKN). Namun sejak dimulai pembangunan IKN, jalan diperbaiki.

Sarinah
Anak-anak SDN 020 Sepaku berekspresi bersama guru kelas. (Photo dok Sarinah)

Selain juara lomba dongeng tingkat nasional, prestasi yang disandang Sarinah yakni Guru Berprestasi Kabupaten Penajam Paser Utara dua tahun berturut-turut (tahun 2017 dan 2018), Guru Inti Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (2019), dan Instruktur Nasional Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (2018).

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Sarinah, guru kreatif di SDN 020 Sepaku Penajam Paser Utara Kalimantan Timur. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaBagaimana Meningkatkan Human Capital Index (HCI) Kita yang masih Berada di Bawah Rata-rata Negara Asia Timur dan Pasifik?
Artikel selanjutnyaBagaimana agar Pemilu 2024 Dapat Menjaring Sosok Pemimpin dengan Kapasitas Tinggi?