PGN Garap Desa Energi Karangrejo

Gasblock
Gasblock, ikon terbaru Desa Energi di Balkondes PGN Karangrejo Kabupaten Magelang.

Semarang, Idola 92,6 FM-PGN ikut berkontribusi dalam upaya memajukan kawasan destinasi super prioritas pemerintah, yakni kawasan Candi Borobudur dengan memajukan desa wisata lewat Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di Desa Karangrejo Kabupaten Magelang. Yakni, dengan memerkenalkan gasblock sebagai ikon terbaru di Balkondes Karangrejo, sebagai perwujudan interaksi dan kolaborasi energi baik gas bumi yang ramah lingkungan dan Desa Energi PGN unik, asri serta kaya akan budaya Indonesia.

General Manager Sales Operation Region 3 Wilayah Jatim Jateng (SOR 3) Iwan Yuli Widyastato mengatakan beberapa fasilitas baru yang ditambahkan untuk meningkatkan kenyamanan dan menarik minat wisatawan, maka pihaknya membuat gasblock monumen Meter Regulating System (MRS) ukuran G.1600 yang biasanya digunakan untuk pelanggan industri dan bulk customer diameter pipa 12 inch dan 16 inch. Selanjutnya, menggunakan energi gas bumi sebagai energi untuk water heater homestay balkondes dan meja obor beberapa lokasi obor api abadi di beberapa titik. Pernyataan itu dikatakan saat melakukan kunjungan di Balkondes PGN Karangrejo, belum lama ini.

Iwan menjelaskan, guna mewujudkan kolaborasi energi dalam lanskap keindahan bumi Borobudur itu melalui PGN Solution pihaknya membangun pipa gas sepanjang 3.900 meter untuk melayani 204 sambungan jaringan gas bumi rumah tangga sekitar balkondes. Yakni di Dusun Kretek dan Bumen.

“Tujuan dibangunnya Balkondes Karangrejo adalah sebagai wadah dan wujud manunggalnya perusahaan dan masyarakat, dalam meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar. Selain itu juga, memperkenalkan Desa Karangrejo sebagai desa energi,” kata Iwan.

Sementara itu Camat Borobudur Subianto menambahkan, saat ini kemajuan dari Desa Karangrejo menjadi perbincangan. Salah satunya dengan adanya Balkondes PGN Karangrejo.

Menurutnya, kerja sama masyarakat dan pemerintah desa diharapkan dapat menjadi panutan bagi 19 desa lainnya di Borobudur.

“Insya Allah tidak lama lagi, kami akan menjadi kecamatan yang mandiri. Diawali dari desa yang mandiri secara anggaran. Desa Karangrejo merupakan salah satu desa di Borobudur yang memiliki kemandirian dari sisi anggaran, tidak hanya pada dana desa,” ucap Subianto.

Lebih lanjut Subianto menambahkan, pada masa pandemi saat ini Balkondes Karangrejo sudah bisa mendapatkan pemasukan sebesar Rp200 juta. Sehingga, balkondes menjadi salah satu andalan wisata Desa Karangrejo dalam memberikan pendapatan bagi Pemerintah Desa Karangrejo. (Bud)

Artikel sebelumnyaMengenal Piter Tan, Perawat Masa Depan Kopi Wamena Papua
Artikel selanjutnyaPolda Jateng Gandeng Seluruh Stakeholder Basmi Narkoba

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini