Sekda Minta Masyarakat Jateng Peduli Soal Konservasi DAS

Kegiatan tanam pohon
Kegiatan tanam pohon dilakukan antara ASN Pemprov Jateng dengan masyarakat sekitar.

Semarang, Idola 92,6 FM – Pemprov Jawa Tengah mengajak masyarakat untuk ikut peduli, terhadap daerah aliran sungai (DAS). Yakni, dengan melakukan konservasi dan penghijauan sebagai upaya menjaga kelestarian lingkungan dan ketersediaan sumber air.

Sekda Jateng Sumarno mengatakan penyelamatan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama, agar ketersediaan sumber air bersih tetap terjaga. Pernyataan itu dikatakan di sela penanaman pohon di Argo Gondang Desa Jembrak Kecamatan Pabelan di Kabupaten Semarang, kemarin.

Menurutnya, masyarakat dengan dibantu dan didorong pemerintah desa setempat bisa lebih peduli terhadap masalah lingkungan. Utamanya yang berkaitan dengan lingkungan DAS.

Sumarno menjelaskan, kegiatan penanaman pohon di DAS dianggap penting untuk menjaga ketersediaan air bersih. Selain itu, tanaman yang sudah ditanam bisa dirawat masyarakat agar memberikan manfaat lebih.

“Karena permasalahan lingkungan menjadi tanggung jawab semua stakeholder, tidak hanya yang di aliran sungai atau tidak hanya di hulu tapi semua terlibat di situ. Sehingga perlu menyadarkan ke masyarakat bahwa daerah aliran sungai ini sangat penting,” kata Sumarno.

Lebih lanjut Sumarno menjelaskan, daerah aliran sungai juga bisa menjadi sumber penyediaan air bersih. Karena masyarakat baru tersadar ketika mata air mati, sebab banyak pohon yang ditebangi tanpa adanya upaya penghijauan.

“Jadi ini perlu disadarkan, tidak hanya berbicara aspek ekonomi saja tapi juga harus melihat aspek penting lainnya. Yaitu masalah ketersediaan air,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaDLH Jateng Terus Lakukan Upaya Penyelamatan Lahan Kritis
Artikel selanjutnyaMengenal Anggrek Hutan Muaro Jambi bersama Adi Ismanto
Wartawan senior Radio Idola Semarang.