Tetap Bugar, Personel Polda Jateng Jalani Pemeriksaan MSCT Cardiac

Pemeriksaan MSCT di RS Bhayangkara
Anggota Polda Jateng menjalani pemeriksaan MSCT di RS Bhayangkara.

Semarang, Idola 92,6 FM – Personel Polda Jawa Tengah menjalani pemeriksaan Multislice Computed Tomography (MSCT) Cardiac, dalam upaya tetap menjaga kebugaran dalam memberikan pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat. Pemeriksaan MSCT Cardiac, untuk mendeteksi dini adanya penyakit jantung yang diidap personel Polda Jateng.

Kepala RS Bhayangkara Semarang Kombes Pol Khusnan Marzuki mengatakan MSCT Cardiac adalah pemeriksaan jantung, dengan menggunakan MSCT untuk menilai fungsi jantung dan pembuluh darah jantung (arteri koronaria). Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di RS Bhayangkara Semarang, Kamis (25/8).

Khusnan menjelaskan, MSCT Cardiac berfungsi untuk menilai fungsi jantung dan pembuluh darah jantung apakah ada penyempitan atau sumbatan. Biasanya, diikuti dengan rasa nyeri di dada tidak biasa dan hasil treadmill tidak normal.

Menurutnya, MSCT Cardiac merupakan generasi terbaru dan lebih canggih dibanding CT Scan.

“Pemeriksaan MSCT Cardiac membutuhkan waktu 15-20 menit. Malamnya puasa selama enam jam sampai dilakukan pemeriksaan. Setelah proses itu berjalan, baru masuk ke ruangan pemeriksaan,” kata Khusnan.

Kombes Pol Khusnan Marzuki, Kepala RS Bhayangkara Semarang:

Lebih lanjut Khusnan menjelaskan, MSCT Cardiac juga bisa dimanfaatkan masyarakat sesuai rujukan dari fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) bagi peserta BPJS Kesehatan. Terutama, yang mempunyai indikasi kelainan jantung koroner sehingga bisa dilakukan pengobatan lebih cepat.

“Orang akan terdeteksi dari awal apabila ada kelainan jantung, baik itu ada penyumbatan atau hal yang lain. Sehingga, tidak menimbulkan kejadian lebih lanjut seperti meninggal dunia mendadak,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaDieng Culture Festival 2022 Kembali Digelar
Artikel selanjutnyaMengenal Rumah Singgah Clow di Bogor Jawa Barat