Tim Mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta, Juara I pada Internasional Oil Rig Design Competition di Malaysia

Meridian
Tim mahasiswa UPN Veteran Jogjakarta. Dari kiri ke kanan; Nur Ilham Tarsila, Mohammad Chaerul Umam, Angelica Catharine Zefanya, Farrel Muhammad Dhaffa, dan Chrismenjdo Frento Jonas Aponno. (Photo dok Chaerul)

Yogyakarta, Idola 92.6 FM – Tim Mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta (UPN Jogja) baru-baru ini meraih juara I pada ajang internasional Oil Rig Design Competition yang diadakan oleh Universiti Teknologi Mara Malaysia.

Para mahasiswa Jurusan Teknik Perminyakan UPN Jogja ini, terdiri dari Mohammad Chaerul Umam, Angelica Catharine Zefanya, Nur Ilham Tarsila, Chrismenjdo Frento Jonas Aponno, dan Farrel Muhammad Dhaffa. Menurut Ketua Tim Mohammad Chaerul Umam, oil rig adalah bangunan di lepas pantai yang berfungsi sebagai pendukung eksplorasi dan eksploitasi tambang.

Tim Presentation
Tim mahasiswa UPN Veteran Jogjakarta saat mempresentasikan inovasi yang membawa mereka menyabet juara I pada ajang internasional Oil Rig Design Competition yang diadakan oleh Universiti Teknologi Mara Malaysia, baru-baru ini. (Photo dok Chaerul)

Dalam kompetisi ini, para peserta ditantang untuk menciptakan desain yang aplikatif, ekonomis, dan ramah lingkungan. Ada beberapa tahapan yang harus dilalui seperti mengirim Blueprint Oil Rig Design, 3D Video Oil Rig Design, hingga Virtual Oil Rig Design Presentation.

Awarding OCEANO 2021
Moment penganugerahan kepada Tim mahasiswa UPN Veteran Jogjakarta yang berhasil menjadi juara I pada ajang internasional Oil Rig Design Competition yang diadakan oleh Universiti Teknologi Mara Malaysia, baru-baru ini. (Photo dok Chaerul)

Ketua Tim, Mohammad Chaerul Umam menjelaskan, timnya membawa berbagai inovasi, menggunakan artificial intelligence, machine learning, dan internet of thing pada rig agar dapat memproduksi minyak dan gas dengan aman serta efektif. “Peserta lomba dari Malaysia, dan juga Singapura,”tutur mahasiswa semester VI tersebut.

Apa saja yang menjadi pertimbangan dewan juri, hingga tim UPN Jogja keluar sebagai juara I? Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Ketua Tim Mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta, Mohammad Chaerul Umam. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaBaznas Jateng Anggarkan 15 Persen Untuk Kebencanaan
Artikel selanjutnyaRutin Servis Mobil, Ini Keuntungan-Keuntungan yang Bisa Didapatkan