36 Ribu Jargas Rumah Tangga Komersial Mulai Dibangun

Petugas PGN
Petugas PGN saat melakukan pemeriksaan jaringan gas rumah tangga.

Semarang, Idola 92,6 FM – PGN mewujudkan pembangunan jaringan gas bumi (jargas) untuk melayani kebutuhan rumah tangga, pelanggan kecil, dan komersial di wilayah Bintaro Tangerang Selatan.

Pembangunan ditargetkan mencapai 35.749 Sambungan Rumah (SR), 203 pelanggan kecil (UMKM) dan 38 komersial.

Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN Achmad Muchtasyar mengatakan guna memudahkan penyaluran gas, akan dibangun pipa dedicated kurang lebih 37 kilometer dari jalur pipa eksisting menuju kawasan Bintaro secara bertahap.

Pembangunan menjadi tindak lanjut dari kerja sama PGN dengan PT Jaya Real Property Tbk (JRP), untuk pengembangan jargas rumah tangga dan komersial di kawasan Bintaro.

Achmad menjelaskan, sejak 2021 hingga tahun ini PGN telah melaksanakan pembangunan di Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Kota Cilegon sebanyak 138.473 SRT.

Pembangunan jargas merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN), dan diamanatkan pemerintah kepada PGN dalam rangka mendukung kebijakan mengurangi subsidi atas impor energi dan mengurangi emisi CO2.

Menurutnya, PGN menargetkan pembangunan 400 ribu SR per tahun dengan skema investasi internal PGN.

“PGN mengharapkan dukungan semua pihak, khususnya pemerintah setempat dan masyarakat setempat untuk keberhasilan jargas. Keberhasilan jargas akan memberikan manfaat bagi masyarakat dan pelaku usaha. Karena akan menghemat belanja rumah tangga dan membantu menghemat biaya energi pelaku usaha,” kata Achmad, kemarin.