7 Daerah di Jateng Masuk Kategori Rawan Tinggi di Pemilu 2024

M Rofiuddin
M Rofiuddin, Komisioner Bawaslu Jateng.

Semarang, Idola 92,6 FM – Bawaslu Jawa Tengah mencatat, ada tujuh kabupaten/kota di provinsi ini masuk kategori rawan tinggi saat Pemilu 2024. Hal itu berdasarkan pada indeks kerawanan pemilu (IKP) 2024, dan pemilihan serentak 2024 yang diluncurkan Bawaslu RI.

Komisioner Bawaslu Jateng Rofiuddin mengatakan berdasarkan IKP tersebut, tujuh kabupaten/kota di provinsi ini masuk kategori rawan tinggi saat Pemilu 2024. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di kantornya, kemarin.

Rofi menjelaskan kabupaten/kota yang masuk kategori rawan tinggi adalah Kota Semarang, Kabupaten Sukoharjo, Purworejo, Temanggung dan Wonosobo. Kemudian Kabupaten Magelang dan Kendal.

Menurutnya, IKP menjadi salah satu cara untuk mendeteksi adanya kerawanan di sebuah daerah.

“Ada tujuh kabupaten/kota yang masuk kategori kerawanan tinggi. Ada Kota Semarang, Kabupaten Sukoharjo dan Temanggung. Dengan data kerawanan ini tentu Bawaslu Jawa Tengah berupaya untuk pencegahan agar kerawanan tersebut tidak terjadi,” kata Rofi.

Lebih lanjut Rofi menjelaskan, apabila sudah diketahui titik kerawanannya maka Bawaslu akan melakukan berbagai upaya agar kerawanan itu tidak terjadi. Berbagai program akan dilakukan, terutama untuk pencegahannya.

“Bawaslu Jawa Tengah ingin Pemilu 2024 dan Pilkada Serentak 2024 bisa berjalan dengan fair dan jujur serta adil hingga menghasilkan pemimpin yang baik. Kami berharap adanya partisipasi aktif dari masyarakat untuk menjaga dan mengawasi pemilu,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaMenyoroti Revisi PP No 1 2019, tentang Devisa Hasil Ekspor: Seberapa Jauh Hal Itu Bisa Ditaati?
Artikel selanjutnyaPembayaran Uang Ganti Rugi Tahap Kedua Sudah Berjalan
Wartawan senior Radio Idola Semarang.