ASEAN-BAC Jadi Jembatan Antara Pemerintah Dengan Sektor Usaha

Arsjad Rasjid, Ketua ASEAN-BAC
Arsjad Rasjid, Ketua ASEAN-BAC.

Semarang, Idola 92,6 FM – Penguatan ASEAN bisa tercapai, karena adanya keterlibatan dan kerja sama dengan sektor privat yang menjadi aktor utama dari perdagangan di ASEAN.

Kerja sama dan kesempatan yang baik bisa dimanfaatkan, untuk semakin memererat kerja sama dan meningkatkan kolaborasi di kawasan ASEAN.

Ketua ASEAN-BAC Arsjad Rasjid mengatakan secara umum para menteri perdagangan tingkat ASEAN, menerima rekomendasi ASEAN-BAC yang ditawarkan dalam pertemuan. Hal itu dikatakan saat ditemui di Hotel Gumaya Semarang, pekan kemarin.

Arsjad menjelaskan, para menteri perdagangan tingkat ASEAN menerima adanya komite gabungan antara pemerintah dan sektor bisnis.

Yakni bagaimana peran sektor swasta dan pemerintah bisa membangun ekonomi berkelanjutan secara bersama, khususnya untuk di wilayah ASEAN.

Menurutnya, publicprivate partnership dibutuhkan dan dianggap penting sekali dalam membangun jejaring perekonomian melalui ASEAN Incorporated (ASEAN Inc.).

“Karena penting sekali bahwa fokus kita ini adalah dari sisi UMKM. Bahwa memberdayakan dan meningkatkan sektor UMKM, akan memacu pembangunan ekonomi yang inklusif. Tercatat ada lebih dari 71 juta UMKM, dan menyerap sekitar 67 persen dari seluruh populasi pekerja yang ada di ASEAN,” kata Arsjad.

Lebih lanjut Arsjad menjelaskan, ASEAN BAC akan menjadi jembatan mengalirkan kemampuan sektor swasta menjadi rekomendasi yang bisa diimplementasikan tidak hanya di komunitas ASEAN saja.

Peningkatan kerja sama ASEAN dengan sektor privat, menjadi faktor penting dalam memerkuat ASEAN.

“Sebab, diakui jika sektor swasta menjadi penggerak mesin ekonomi. ASEAN membantu pemerintah untuk memastikan implementasi dari program ekonomi di ASEAN,” pungkasnya. (Bud)