Bank Indonesia Bersama Pemprov Jateng Launching Program Parsel Lebaran

Bank Indonesia Bersama Pemprov Jateng Launching Program Parsel Lebaran, selasa (7/3/2023)

Semarang, Radio Idola 92,6 Fm – KPwBI Provinsi Jawa Tengah bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melakukan launching bersama program parsel lebaran 2023 di Gedung Gradhika Bhakti Pradja Kota Semarang.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Rahmat Dwisaputra mengatakan,  melalui program parsel ini diharapkan mampu meningkatkan penjualan produk UMKM memanfaatkan momentum bulan suci Ramadhan dengan target pasar meliputi Organisasi Perangkat Daerah, Perbankan dan masyarakat umum di Jawa Tengah.

“Parsel yang disiapkan tersebut berisi produk-produk UMKM binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Jawa Tengah maupun Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah yang difasilitasi pula oleh Asosiasi Pengusaha Oleh-Oleh (ASPOO) Jateng dan marketplace Blibli.com, “ ungkap Rahmat, selasa (7/3/2023)

Rahmat Dwisaputra mengatakan,  Bank Indonesia menyampaikan komitmen untuk terus bersinergi bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah khususnya Dinas Koperasi UMKM Provinsi Jawa Tengah dalam pengembangan UMKM di Jawa Tengah.

Sementara itu  Sekda Provinsi Jateng, Sumarno  berharap agar launching Program Parsel Produk UMKM menjadi momentum bersama dalam bersinergi mendukung kemajuan UMKM serta meningkatkan semangat saling berbagi dengan sesama yang membutuhkan untuk menyongsong bulan suci Ramadhan agar semakin Gayeng.

Selain memperkenalkan produk-produk UMKM Jateng, pada launching kegiatan launching program lebaran ini dimeriahkan pula dengan kegiatan penukaran uang rupiah, tebus murah produk UMKM serta mini expo produk UMKM kuliner Kota Semarang dan produk sayuran dari klaster serta kelompok tani binaan.  sebagai salah satu event pendukung Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan di Jawa Tengah yang dilaksanakan di halaman parkir Gedung Gradika Bhakti Pradja, Kantor Pemerintahan Provinsi Jawa Tengah.

Program sinergi parsel lebaran yang sudah dilaksanakan sejak 2022 merupakan salah satu rangkaian Road to Event UMKM Gayeng 2023 pada April 2023 nanti sebagai flagship event tahunan KPwBI Prov. Jateng. Kegiatan ini akan diisi dengan kegiatan showcasing produk UMKM Jawa Tengah yang rencananya akan dilaksanakan di Hotel Tentrem Kota Semarang dan beberapa kota di Luar Negeri.

Selain showcasing dilaksankaan pula beberapa kegiatan pendampingan/fasilitasi UMKM Binaan, meliputi capacity building UMKM, edukasi dan sosialisasi, business matching pembiayaan dan penjualan/ekspor.(tim)