BI Jateng Buka Layanan Penukaran Uang di Rest Area

Loket layanan BI Jateng
Seorang warga menunjukkan uang yang baru saja ditukar di loket layanan BI Jateng di Rest Area KM 456 Salatiga, Selasa (18/4).

Salatiga, Idola 92,6 FM – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah membuka layanan penukaran uang di Rest Area KM 429A Ungaran dan KM 456A Salatiga, guna memberikan layanan kepada para pemudik.

Pemudik yang membutuhkan uang pecahan baru untuk dibagikan sanak keluarga, bisa memanfaatkan layanan penukaran uang.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng Rahmat Dwisaputra mengatakan pihaknya selain menyediakan titik layanan penukaran uang di kantor perbankan atau di halaman kantor BI Jateng, juga dilakukan di rest area jalan tol. Hal itu dikatakan saat melihat layanan penukaran uang di Rest Area KM 456A Salatiga, Selasa (18/4).

Rahmat menjelaskan, selama Ramadan dan Idul Fitri tahun ini pihaknya telah mengeluarkan uang kartal untuk perbankan di Jateng-DIY sebanyak Rp25,8 triliun.

Proyeksi awal Ramadan sudah dipersiapkan sebesar Rp28,1 triliun, namun realisasi tersebut meningkat sebesar 17 persen dibanding tahun sebelumnya yang realisasinya hanya Rp22,1 triliun.

Menurutnya, BI menempuh langkah strategis guna memastikan kelancaran sistem pembayaran non tunai.

“Kita juga melayani masyarakat di rest area, terutama menjelang hari raya. Hari ini di KM 456 bersama BNI dan Bank Jateng,” kata Rahmat.

Sementara itu salah satu penukar yang, Nata mengaku sengaja datang ke Rest Area di KM 456 Salatiga.

Nata mengaku saat berupaya menukar di perbankan, dirinya selalu kehabisan stok.

Menurut Nata, dirinya mengetahui informasi adanya informasi penukaran uang di rest area berdasarkan postingan Instagram Bank Indonesia Jateng.

“Pas di bank selalu kehabisan stoknya. Cepat banget. Makanya begitu ada info di rest area ya ke sini saja,” ucap Nata.

Nata menyebut, nantinya uang itu akan dibagikan kepada saudara dan keponakan di kampung halaman. (Bud)