Seminggu Jelang Lebaran, Konsumsi BBM Meningkat Tajam di Jawa Tengah

Aktivitas pengisian BBM di SPBU

Semarang, Radio Idola 92,6 FM – Pasca pencabutan kebijakan PPKM oleh Pemerintah, jumlah pemudik pada tahun 2023 tercatat sangat besar. Hal ini turut dibuktikan dengan peningkatan konsumsi bahan bakar pemudik.

Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga, Brasto Galih Nugroho mengatakan seminggu sebelum lebaran tren peningkatan konsumsi di wilayah provinsi Jawa Tengah mulai terjadi pada  Jumat, 14 April 2023 (H-7 Idul Fitri) di mana konsumsi BBM gasoline (Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo) di tol jalur A (menuju Surabaya) meningkat hingga +67% dibandingkan kondisi normal, jauh lebih tinggi dibandingkan tahun 2022 di hari yang sama.

“Bila tahun lalu konsumsi BBM gasoline di H-7 lebaran 120 Kilo Liter (KL) per hari di ruas tol A, maka di tahun ini melonjak menjadi 200 KL/hari, Seluruh pemudik Pertamina layani dengan maksimal dan setiap hari pun kami terus monitor agar stok dan distribusi di SPBU berjalan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan BBM yang luar biasa sepanjang arus mudik dan balik ini,” jelas Brasto, selasa (18/4/2023)

Apabila tren konsumsi BBM gasoline (Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo) naik di hari sabtu lalu (15/04), justru BBM jenis gasoil (Biosolar, Dexlite, Pertamina Dex) konsumsinya terjadi penurunan dari 152 KL/hari di H-9, dan menjadi 108 KL/hari di H-6 dari rata rata harian normal di jalur tol 119 KL/hari.

“Pelonjakan gasoil di H-9 di ruas tol, berkaitan dengan pembatasan operasional truk angkutan barang yang mulai berlaku di hari ini (senin 17/04) dan juga rencana adanya pemberlakuan one way arah Surabaya, sehingga lalu lintas pengiriman barang di maksimalkan sebelum pemberlakuan pembatasan tersebut,” ungkap Brasto.

Peningkatan tren konsumsi BBM Gasoline juga dapat terlihat di beberapa kota di Jawa Tengah, dengan peningkatan konsumsi tertinggi terjadi di Kabupaten Pekalongan, dengan peningkatan konsumsi mencapai 250 KL/hari atau meningkat 15% dibandingkan rerata normal yang hanya 218 KL/hari. Wilayah dengan konsumsi tertinggi selanjutnya adalah Kabupaten Wonogiri, 281 KL/hari atau naik 10% dibandingkan kondisi normal yakni 257 KL/hari.

“Kami senantiasa menghimbau kepada para pemudik sebelum melakukan perjalanan ke kampung halaman dapat mengisi penuh tangki kendaraannya di titik awal keberangkatannya dengan BBM berkualitas sesuai dengan spesifikasi kendaraan,” imbau Brasto.

Artikel sebelumnyaPerusahaan Tak Bayarkan THR Pekerja, Sanksi Sudah di Depan Mata
Artikel selanjutnyaBI Jateng Buka Layanan Penukaran Uang di Rest Area
Jurnalis senior dan koordinator liputan Radio Idola Semarang.