Cegah Penyelundupan Narkoba, BNN Gandeng JNE

Petugas bersama anjing pelacak
Petugas bersama anjing pelacak saat melakukan simulasi pencarian penyelundupan narkoba lewat paket jasa ekspedisi.

Semarang, Idola 92,6 FM – Dalam rangka mencegah penyelundupan narkoba melalui jasa pengiriman ekspedisi, BNNP Yogyakarta menggandeng JNE menggelar operasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

Operasi P4GN juga melibatkan Unit Anjing Pelacak (K-9) Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea Cukai Jateng-DIY, dan dilakukan di areal warehouse JNE Yogyakarta, belum lama ini.

Ketua Tim Kerja Sie Penyidikan Bidang Pemberantasan BNNP DIY Budi Hermawan mengatakan dalam operasi tersebut diceritakan, tim unit anjing pelacak (K9) melakukan deteksi terhadap paket JNE yang baru saja masuk dari luar daerah Yogyakarta.

Menurutnya, operasi ini menjadi tindakan pencegahan guna menghindari dan mengurangi adanya peredaran narkotika maupun obat-obatan terlarang serta zat adiktif lainnya via jasa pengiriman ekspedisi.

“Giat ini merupakan salah satu bentuk tindakan pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika di wilayah Yogyakarta, khususnya dalam momentum lebaran kali ini,” kata Budi.

Lebih lanjut Budi menjelaskan, P4GN dilakukan tak hanya di JNE saja namun juga beberapa lokasi lain salah satunya di Stasiun Kereta Api Lempuyangan Yogyakarta.

Head Of Operasional JNE Yogyakarta Ery Hartoto menambahkan, JNE dalam beberapa operasi juga telah melaksanakan sosialisasi mengenai bahaya peredaran dan penyalahgunaan narkotika bagi karyawan.

Kerja sama dengan BNNP Yogyakarta, sebagai bentuk komitmen JNE untuk membantu program pemerintah dalam pencegahan peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

“Kami menyadari bahwa ekspedisi seperti JNE harus terus meningkatkan kewaspadaan salah satunya melalui sinergi dengan instansi terkait seperti BNN, Bea Cukai dan Kepolisian untuk memerangi peredaran dan penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang dengan berbagai modus,” ucap Ery.

JNE Yogyakarta juga membekali karyawan dengan informasi mengenai bahaya peredaran dan penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang melalui sosialisasi rutin yang digelar bersama BNN.

Hal ini diharapkan menjadi edukasi bagi karyawan JNE sebagai perusahaan logistik yang kesehariannya melakukan mobilitas barang dengan frekuensi tinggi. (Bud)