Delegasi Indonesia Hadirkan Best Practice Dari Sispreneur di Women20 Summit India

Delegasi Komite Women20 Indonesia
Delegasi Komite Women20 Indonesia secara khusus menyampaikan best practice mengenai program Sispreneur yang dijalankan secara berkesinambungan di Indonesia.

Semarang, Idola 92,6 FM – Delegasi Indonesia di acara Women20 Summit India, menghadirkan best practice dari Sipreneur.

Best practice dari Sipreneur tidak hanya terbatas demi meningkatkan pemberdayaan perempuan saja, namun juga sekaligus menunjukan bahwa peran UMKM yang tangguh juga turut menopang ekonomi Indonesia.

Sipreneur juga menunjukkan ketangguhan UMKM di Indonesia, terbukti mampu menjaga stabilitas ekonomi negara selama beberapa kali krisis ekonomi global.

Baik saat krisis moneter 2008, dan juga krisis karena pandemi Covid-19.

Kepala Delegasi W20 Indonesia Giwo Rubianto Wiyogo mengatakan Presidensi G20 India mengangkat tema Women Led Development Transform, Thrive and Transcend. Hal itu disampaikan melalui siaran pers, kemarin.

Menurut Giwo, pertemuan tersebut membahas beberapa agenda terkait pemberdayaan perempuan dengan dihadiri delegasi dari negara-negara anggota G20.

Delegasi Komite Women20 Indonesia secara khusus menghadirkan best practice, mengenai program Sispreneur yang dijalankan secara berkesinambungan di Indonesia.

“Saya mewakili para delegasi W20 sangat berterima kasih kepada W20 India, terutama Dr Sandhya Purecha untuk perencanaan program W20 dari tahun lalu sampai summit ini. Tentunya kami mengapresiasi koordinasi yang erat antara W20 India dan Indonesia,” kata Giwo.

Co-Chair W20 Indonesia 2022 Dian Siswarini menambahkan, W20 SISPRENEUR merupakan program kolaborasi antara engagement group Women20 (W20) dan Sisternet.

Program tersebut menjadi solusi perempuan Indonesia, dalam memaksimalkan digital dan teknologi.

Dian menjelaskan, W20 juga memberikan kesempatan go to market di level internasional untuk para pemenang W20 SISPRENEUR.

Harapannya, produk lokal womenpreneurs Indonesia dapat semakin dikenal dan mengharumkan nama Indonesia di ajang W20 Summit India.

“Melalui Sisternet, program W20 Sispreneur berhasil menjaring lebih dari seribu peserta yang terdiri dari womenpreneurs. Para pemenang berhasil meningkatkan omzet hingga 30 persen setelah mengikuti program ini,” ucap Dian.

Selain memberikan Best Practice, delegasi W20 Indonesia juga mendapatkan kesempatan untuk membawa beberapa UMKM binaan yang telah sukses dan menjadi pemenang program W20 Sispreneur.

Mereka adalah Thekla Odelia Caramia (fashion), Nani Nurhasanah (jasa pendidikan), Shinta Paramarti (fesyen) dan Ani Puspitasari (pengolahan makanan). (Bud)