Dompet Dhuafa Jawa Tengah Pastikan DD Farm Siap Sokong Idul Adha 1444 H

DD Farm
Dompet Dhuafa Jawa Tengah memastikan DD Farm siap menyokong kebutuhan hewan kurban pada Idul Adha 1444 H. (Foto. Dok. Dompet Dhuafa)

Kendal, Idola 92.6 FM – Dompet Dhuafa Jawa Tengah lakukan monitoring kesiapan DD Farm dalam menyokong Idul Adha Juni hingga Juli 2023 mendatang. Untuk diketahui bahwa diantara program berkelanjutan yang dimiliki oleh Dompet Dhuafa Jawa Tengah adalah program peternakan yang berfokus pada hewan Qurban seperti Kambing, Domba, dan Sapi.

Salah satunya ada di Desa Pagerwojo, Kabupaten Kendal, DD Farm sudah menampung lebih dari 1.000 ekor domba yang dipersiapkan untuk Idul Adha mendatang. Sementara, total jumlah hewan ternak yang disiapkan oleh DD Farm di Seluruh Jawa Tengah berjumlah lebih dari 2.000 ekor dan Dompet Dhuafa Jawa Tengah memastikan keseluruhannya siap dan memenuhi syarat untuk menjadi hewan kurban.

“Kami memiliki SOP yang cukup serius dalam memastikan kualitas hewan kurban dari segi bobot, kesehatan, usia, hingga jenis kelamin nya sebagaimana yang diatur dalam ketentuan syar’i karena ini berkaitan dengan sah atau tidaknya ibadah kurban seseorang, dalam hal Kesehatan kita melakukan pengecekan rutin bersama dinas terkait kerap ternak secara berkala,”ujar Irfan Mahyuddin selaku penanggungjawab pemberdayaan ekonomi Dompet Dhuafa Jawa tengah di sela-sela pengecekan rutin, Rabu (07/06).

DD Farm
Dompet Dhuafa Jawa Tengah memastikan DD Farm siap menyokong kebutuhan hewan kurban pada Idul Adha 1444 H. (Foto. Dok. Dompet Dhuafa)

Sebagai Informasi, hewan Kurban yang tersedia di DD Farm dibagi berdasarkan bobotnya menjadi 4 Kategori. Di antaranya kategori Standard dengan bobot 23-25 kg, kemudian kategori Medium dengan bobot 26-28 kg. Selanjutnya, kategori Premium dengan bobot 29-31 kg, dan Super Premium dengan bobot 32-34 kg, di mana keseluruhannya telah melalui proses sortir yang serius agar memenuhi syarat sebagai hewan kurban.

“Di DD Farm, sahabat baik boleh pastikan sendiri bagaimana keseriusan kami dalam merawat dan menjaga hewan kurban agar tetap dalam kondisi terbaiknya di hari Idul Adha mendatang. Peternak di sini semuanya terlatih, prosedur pemeliharaan dijalankan sebaik mungkin, seluruh Peternak di DD Farm juga merupakan masyarakat asli sekitar peternakan yang dilatih agar menjadi peternak yang baik, kurang lebih terdapat 5 orang peternak masyarakat asli sekitar peternakan yang dipekerjakan,” ujar Zaini Tafrikhan selaku pimpinan cabang Dompet Dhuafa Jawa Tengah.

Menurut Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jawa Tengah, Zaini Tafrikhan, bagian terbaiknya adalah masyarakat yang akan berkurban bisa memilih dimana daging kurban yang dibeli akan dibagikan dan diantarkan untuk disembelih dan dibagikan di lingkungan sekitar kediaman secara mandiri, atau dibagikan oleh tim Dompet Dhuafa Jawa Tengah yang akan memastikan secara langsung distribusi daging kurban di daerah tertinggal, terdalam, dan terpencil yang membutuhkan di berbagai wilayah di Jawa Tengah.

“Beberapa wilayah itu di antaranya Kabupaten Grobogan, Kabupaten Sragen, Kabupaten Kendal, Kabupaten Batang Kabupaten Temanggung dan wilayah lainnya yang tidak dapat disebutkan satu-persatu,” ujar Zaini Tafrikhan. (ims/her)