Dukung Target Net Zero Emission, Pertamina Kaji Peningkatan Pertalite Dari RON 90 Menjadi RON 92

VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fadjar Djoko Santoso

Semarang, Radio Idola 92,6 FM – PT. Pertamina tengah mengkaji peningkatan kadar oktan bahan bakar minyak (BBM) jenis pertalite dari RON 90 menjadi RON 92.

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mendorong penggunaan BBM yang lebih ramah lingkungan.

VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fadjar Djoko Santoso mengatakan, peningkatan kadar oktan dilakukan dengan melakukan penambahakn ethanol 7 persen pada pertalite.

“Pertalite kan RON 90 jadi kita naikkan menjadi 92. Jadi kalau semakin tinggi RON nya, bahan bakarnya semakin baik bagi kendaraan dan lingkungan,” ungkapnya

Menurut Fajar, kendati RON pertalite ditingkatkan,  namun tidak akan mempengaruhi harga yang ada saat ini. Dengan demikian masyarakat tetap bisa mendapatkan BBM berkualitas dengan harga yang terjangkau.

“Yang perlu diingat ini bukan penghapusan pertalite ya. Jadi peningkatan RON  dan akan menguntungkan masyarakat, dengan harga Rp.10 ribu akan mendapatkan BBM yang lebih baik,” ujarnya

Saat ini rencana peningkatan kualitas pertalite masih dalam kajian, dan diharapkan dapat selesai dalam waktu dekat. Jika kajian terhadap konsep ini sudah lengkap maka akan segera diusulkan kepada pemerintah.

“ini masih dalam kajian internal, kalau sudah lengkap baru kita ajukan ke pemerintah,”

Untuk tahap awal etanol yang digunakan untuk meningkatkan kualitas pertalite masih diproduksi didalam negeri.

“Kalau produksi dalam negeri sih kan memang masih terbatas ya.  Jadi impor itu masih jangka Panjang, intinya masih kajian”

Fajar menambahkan saat ini Pertamina terus mendorong penggunaan BBM berkualitas yang lebih ramah lingkungan sesuai dengan aturan pemerintah yakni minimal RON 91.  Diketahui pemerintah sendiri menetapkan net zero emission pada tahun 2060.

“kita ingin berkontribusi mengurangi emisi, tahun 2030 sebesar 30 persen dan tahun 2060 nol persen,” katanya

 

 

Artikel sebelumnyaGojek Gandeng Gramedia Academy Luluskan Ribuan Anak Mitra Driver dari Kursus Bahasa Inggris Komprehensif
Artikel selanjutnyaPermudah Pembiayaan Inklusif Bagi Masyarakat, 3 Perusahaan Ini Saling Berkolaborasi
Jurnalis senior dan koordinator liputan Radio Idola Semarang.