Enam Bandara Siap Dukung Kelancaran Angkutan Haji 2023

Semarang, Idola 92,6 FM – Sebanyak enam bandara yang ada di wilayah Angkasa Pura I, siap mendukung pelaksanaan angkutan penerbangan untuk melayani jamaah haji tahun ini.

Keenam bandara itu di antaranya adalah Bandara Adi Soemarmo Solo, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin.

Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan pelaksanaan embarkasi angkutan udara jamaah haji 2023, dimulai pada 24 Mei hingga 22 Juni 2023, dan pelaksanaan debarkasi pada 4 Juli hingga 3 Agustus 2023. Hal itu disampaikan melalui siaran pers, kemarin.

Menurut Faik, sebanyak 102.696 calon jamaah haji akan dilayani pada tahun ini dan mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 46.881 calon jamaah haji.

Angkasa Pura I akan melayani sebanyak 269 kelompok terbang (kloter) dengan rincian Bandara Adi Soemarmo Solo melayani 95 kloter, Bandara Juanda Surabaya melayani 84 kloter dan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin melayani 17 kloter.

Faik menjelaskan, keenam bandara dalam menyambut angkutan udara jamaah haji 2023 bekerja sama dengan seluruh instansi dan stakeholder terkait dalam pelayanan penerbangan angkutan udara jamaah haji tahun ini.

Pihaknya akan mengedepankan prinsip keselamatan, keamanan dan pelayanan.

“Kami secara khusus juga memastikan kesiapan infrastruktur bandara pendukung pelayanan angkutan udara jamaah haji selama proses embarkasi dan debarkasi. Adapun langkah tersebut antara lain adalah melalui penyesuaian jam operasional bandara, penyesuaian kategori fasilitas Airport Rescue and Fire Fighting (ARFF) sesuai,” kata Faik.

Lebih lanjut Faik menjelaskan, pihaknya memersiapkan sebanyak 1.690 personel operasional.

“Pelayanan angkutan udara jamaah haji merupakan salah satu tugas utama Angkasa Pura I dalam peranannya untuk mendukung program pemerintah. Tentunya kami berkomitmen untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik demi mendukung kelancaran perjalanan para calon jamaah haji menuju Tanah Suci,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaPertamina Setor Rp2,6 Triliun ke Pemda Buat PAD
Artikel selanjutnyaApresiasi pada Pemerintahan Jokowi Naik, tetapi Suap dan Pengangguran Menjadi Tantangan