Enduro Student Program Dorong Pertumbuhan Wirausaha Baru

Enduro Student Program Dorong Pertumbuhan Wirausaha Baru

Semarang, Radio Idola 92,6 FM – Pertamina terus mendorong  munculnya wirausaha baru melalui sejumlah program binaan,  diantaranya enduro Student program.

PR Manager PT Pertamina Lubricants, Intania Prionggo mengatakan, program ini menyasar anak sekolah menegah kejuruan ( SMK ) jurusan tekhnik otomotif dengan menggandeng balai latihan kerja. Pelatihan dan pedampingan diberikan mulai dari produk, pemasaran hingga financial, sehingga mampu membangun wirausaha dengan baik.

“Kita magangkan anak – anak SMK ini di bengkel binaan kita, kemudian kita beri mereka modal, toolkit dan pemberian materi pemasaran dan finansial, supaya bisa jadi wirausaha muda yang baik,” ujarnya

Intania mengatakan, saat ini sudah ada 82 bengkel binaan yang dikembangkan di lima wilayah di Indonesia dengan omset lebih dari Rp.2 miliar. Pihaknya akan terus mengembangkan program bengkel binaan ini untuk mendorong tumbuhnya wisausaha muda.

“sudah 82 bengkel secara nasional dengan omset 2 miliar. Ini program tahun dan setiap tahunnya kita tambah terus SMK yang akan bekerjasama dengan kita,” ujarnya

Dikutip dari website pertamina, Enduro Student Program (ESP) merupakan program Creating Shared Value (CSV), bagian dari CSR PT Pertamina Lubricants yang telah resmi diluncurkan pada tahun 2016. Ini merupakan program rangkaian pendidikan, pelatihan dan kewirausahaan mandiri khususnya di dunia perbengkelan roda dua bagi siswa-siswi terpilih dari berbagai SMK Otomotif kendaraan roda dua unggulan serta Karang Taruna Di desa wilayah ring perusahaan.

ESP terdiri dari pelatihan teknik sepeda motor bersama Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) selama 37 hari, dilanjutkan dengan praktek kerja dan mentorship oleh bengkel mitra binaan PT Pertamina Lubricants selama 45 hari yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bengkel secara real.

lalu siswa akan dibekali dengan pelatihan non-teknis, peserta dibekali beberapa materi, diantaranya adalah Character Building dan Wawasan kebangsaan, pengelolaan limbah dan lingkungan, kewirausahaan, product knowledge pelumas dan creative thinking. Materi ini diberikan agar peserta memiliki pengetahuan dan motivasi yang cukup untuk mendirikan sebuah bengkel mandiri nantinya. latihan wirausaha, pelatihan lingkungan dan perencanaan bisnis.

 

Artikel sebelumnyaKetika Presiden Menguasai Data-data Intelijen, Apa Implikasinya?
Artikel selanjutnyaKesempatan Terakhir, ditraktir 1 liter BBM di MyPertamina
Jurnalis senior dan koordinator liputan Radio Idola Semarang.