Jangan Sepelekan Fungsi Satkamling, Ini Pesan Polda Jateng

Kombes Pol Lafri Prasetyono
Direktur Binmas Polda Jateng Kombes Pol Lafri Prasetyono saat memberikan penjelasan terkait apel kasat kampling di Polrestabes Semarang.

Semarang, Idola 92,6 FM – Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) atau biasa juga orang menyebutnya Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling), mempunyai banyak peran dalam membantu tugas kepolisian menjaga keamanan.

Polda Jawa Tengah menyebut, jika Satkamling juga memiliki peran sebagai cooling system (fungsi penyejuk) di tengah masyarakat.

Direktur Binmas Polda Jateng Kombes Pol Lafri Prasetyono mengatakan Satkamling adalah garda terdepan di setiap lingkungan RT/RW pada kelurahan/desa, dan kehadirannya diharapkan mampu menjadi early warning system (EWS) terhadap potensi kejahatan. Hal itu dikatakan usai pelaksanaan apel kasat kamling Polda Jateng di Lapangan Pratisara Wirya Polrestabes Semarang, kemarin.

Menurutnya, Satkamling juga dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang prediktif.

Lafri menjelaskan, dalam rangka meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang pemilu serentak 2024 itu pihaknya menggelar Apel Kasat Kamling.

“Apel tersebut merupakan salah satu upaya Polri untuk mempercepat upaya revitalisasi Satkamling. Situasi kamtibmas yang kondusif merupakan salah satu prasyarat utama dalam terselenggaranya pembangunan nasional,” kata Lafri.

Lebih lanjut Lafri menjelaskan, kehadiran Satkamling di tengah masyarakat memiliki peran mandiri dalam menjaga keamanan dan keteraturan lingkungan.

Peran sentral dari Satkamling dibutuhkan menjelang pemilu serentak 2024, sehingga kehadiran Satkamling harus betul-betul bisa menjadi cooling system di lingkungannya masing-masing.

“Jangan ada perpecahan karena perbedaan pilihan. Persatuan dan kesatuan bangsa adalah hal utama yang harus dipertahankan serta kita jaga bersama,” tandasnya. (Bud)