Kasus Covid 19 Muncul Kembali di Kota Semarang; Apa Langkah Antisipasi yang Mesti Dilakukan?

Virus EG.5
Ilustrasi/Istimewa

Semarang, Idola 92.6 FM – Kasus Covid-19 kembali muncul menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2024 di Kota Semarang. Per, Senin (11/12/2023), tiga warga Kota Semarang dinyatakan positif Covid-19.

Hal itu diungkapkan Wali Kota Semarang-Hevearita Gunaryanti Rahayu. Untuk itu, Wali Kota meminta jajarannya untuk mulai melakukan mitigasi agar jumlah kasusnya tak bertambah.

Ketiga pasien tersebut seluruhnya merupakan wanita yang berasal dari Kecamatan Mijen, Tembalang, dan Banyumanik. Salah satu pasien yang berasal dari Mijen tercatat pernah memiliki riwayat ke Singapura. Sedangkan, dua orang lainnya tercatat pernah kontak erat dengan orang yang pernah ke Singapura. Saat ini, ketiga pasien menjalani isolasi mandiri di rumah.

Dengan munculnya kasus COVID-19 di Kota Semarang, Wali Kota meminta jajarannya agar kembali siaga. Pemantauan masyarakat yang datang dari luar negeri juga dilakukan.

Maka, ketika kasus Covid-19 kembali muncul di Kota Semarang; langkah pencegahan seperti apa yang mesti dilakukan agar tak cepat meluas? Berkaca dari Pandemi Covid-19 lalu, upaya apa saja yang mesti segera dilakukan Pemkot Semarang?

Untuk memperoleh gambaran atas persoalan ini, radio Idola Semarang berdiskusi dengan narasumber Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, dr. Mochamad Abdul Hakam, Sp.PD.(dokter Hakam). (her/yes/ao)

Simak podcast diskusinya:

Artikel sebelumnyaBagaimana Mengedukasi Publik Mengenai Dampak Buruk Mengonsumsi Minuman Berpemanis?
Artikel selanjutnyaBalai Bahasa Jawa Tengah Karantina Pemenang FTBI Ikuti Kemah Penulisan Cerkak