Kehadiran Polisi RW Jadi Solusi di Tengah Masyarakat

Apel
Anggota polisi saat melakukan apel sebelum melakukan kegiatan kepolisian.

Semarang, Idola 92,6 FM – Program Polisi RW yang dijalankan Polda Jawa Tengah, mendapat apresiasi dari Mabes Polri.

Kehadiran Polisi RW di tengah masyarakat, menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan warga.

Kakorbinmas Baharkam Polri Irjen Pol Hary Sudwijanto mengatakan jajaran Polda Jateng hingga tingkat polsek, telah mengimplementasikan dan menjabarkan tugas sesuai dengan program Polisi RW. Hal itu dikatakan saat berkunjung ke Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang, kemarin.

Menurut Hary, adanya Polisi RW di tengah masyarakat berjalan dengan baik dan warga juga menyampaikan permasalahan yang ada kepada anggota kepolisian.

“Tujuan adanya Polisi RW untuk mengidentifikasi permasalahan sedini mungkin, untuk dicarikan solusi secara bersama dengan pihak bhabinkamtibmas dan bhabinsa maupun kepala desa. Kita melihat hakekat gangguan keamanan, yang kira-kira perlu atau tidak untuk ditempatkan Polisi RW ditugaskan di lokasi tersebut,” kata Hary.

Sementara itu Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar menyatakan, seluruh RW di Kota Semarang telah terisi petugas kepolisian sebagai Polisi RW.

Tercatat, di Kota Semarang terdapat 1.518 RW dan semuanya telah terisi petugas polisi RW.

Sementara, untuk jumlah RT di Kota Semarang sebanyak 10.400 RT.

“Para polisi tersebut selanjutnya juga akan ditugaskan untuk membentuk RT Smart (Rukun Tetangga Semarang Makin Aman Ramah dan Tangguh),” ucap Irwan.

Lebih lanjut Irwan menjelaskan, Polrestabes Semarang akan memaksimalkan penggunaan aplikasi Libas di tengah masyarakat.

Aplikasi yang bisa didownload di Play Store tersebut mempunyai 46 fitur dan terhubung dengan stakeholder terkait di Kota Semarang. (Bud)