Kembangkan UMKM Potensial, BI Jateng Terus Beri Pendampingan

Pelaku UMKM
Seorang pelaku UMKM saat sedang menata hasil produksi sebelum dipasarkan.

Semarang, Idola 92,6 FM-Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah terus memberikan dukungan kepada pelaku UMKM, dalam upaya pengembangan UMKM bisa naik kelas dan berorientasi ekspor.

Bank Indonesia Jateng terus memberikan fasilitas kepada pelaku UMKM, agar mampu menjadi percontohan bagi pelaku UMKM lainnya.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng Rahmat Dwisaputra mengatakan pihaknya terus melakukan pengembangan UMKM, terutama pelaku UMKM potensial dalam memerkuat kapasitas ekonomi rakyat. Pernyataan itu disampaikan kepada wartawan, baru-baru ini.

Rahmat menjelaskan, pihaknya terus berupaya mengembangkan UMKM dan fokus pada UMKM potensial yang memiliki peran besar terhadap pertumbuhan perekonomian.

Salah satu kegiatan yang bertujuan mendorong UMKM naik kelas, adalah perluasan pemasaran melalui pelaksanaan Pameran UMKM Gayeng secara tahunan sejak 2019 lalu.

Menurutnya, dalam pengembangan UMKM pihaknya lebih menekankan pada pendampingan.

“Kami terus mengkurasi UMKM-UMKM potensial yang dapat dibina, dan nantinya bisa kita tingkatkan ke go digital serta go ekspor. Kami juga mengadakan business matching serta coaching clinic dan pendampingan UMKM agar bisa naik kelas. Jadi yang potensial menjadi sukses, yang sukses menjadi digital dan yang digital bisa menjadi go ekspor,” kata Rahmat.

Lebih lanjut Rahmat menjelaskan, pihaknya juga bekerja sama dengan digital marketplace serta salah satu penyedia jasa pembayaran guna memberikan dukungan dan fasilitas bagi pelaku UMKM.

Yakni, melalui pemasaran maupun pembayaran digital.

“Tentunya, kita minta dukungan masyarakat sebagai konsumen untuk bisa berbelanja produk UMKM,” tandasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaImigrasi Semarang Komitmen Berikan Pelayanan Terbaik Untuk Publik
Artikel selanjutnyaBulog Jadwalkan Penyaluran Bantuan Pangan Tahap Kedua