Keterlibatan Ayah Berpengaruh pada Capaian Hasil Belajar Anak, Bagaimana Mendorong Kesadaran Para Ayah Soal Ini?

Dad Parenting
Ilustrasi/Istimewa

Semarang, Idola 92.6 FM – Ayah yang rajin membacakan buku dan bermain dengan anak ternyata memengaruhi pencapaian pendidikan anak.

Seorang ayah yang rajin membacakan buku, menyanyi, bermain apa saja, dan menggambar bersama anak setiap hari, ternyata memberikan pengaruh ”sedikit, tapi signifikan” pada capaian pendidikan anak di tingkat sekolah dasar.

Tak perlu lama-lama, cukup 10 menit saja dalam sehari asalkan rutin, langkah itu bisa efektif. Hal ini merupakan kesimpulan dari hasil penelitian yang dilakukan Universitas Leeds, Inggris, yang dipublikasikan harian The Guardian, pada Rabu 20 September 2023.

Keterlibatan orangtua dalam pendidikan dan perkembangan anak sudah lama diketahui sangat penting. Akan tetapi, penelitian yang dilakukan Universitas Leeds, Inggris, ini menemukan, ayah ternyata memiliki pengaruh yang unik dan penting pada hasil pendidikan anak.

Keterlibatan ayah yang lebih besar sebelum anak masuk ke sekolah dasar memberikan keuntungan pendidikan bagi anak-anak di tahun pertama mereka. Sementara keterlibatan yang lebih besar pada usia 5 tahun, membantu meningkatkan pencapaian dalam penilaian tahap pertama pada usia 7 tahun. Efeknya sedikit lebih terasa dalam mata pelajaran Matematika.

Penelitian ini membedakan pengaruh dari ibu dan ayah. Jika keterlibatan ayah berdampak pada pencapaian pendidikan, keterlibatan ibu lebih berdampak pada perilaku emosional dan sosial anak.

Lalu, sudahkah hal ini diketahui oleh seluruh Ayah? Bagaimana cara mengoreksi pandangan keliru, bahwa ayah hanya bertugas mencari nafkah sedangkan ibu lah yang harus mengurus semua masalah rumah termasuk pendidikan anak?

Untuk memperoleh gambaran atas persoalan ini, radio Idola Semarang berdiskusi dengan narasumber, yakni: Ki Darmaningtyas (Pengamat Pendidikan/ Pengurus Persatuan Keluarga Besar Taman Siswa), Ika Herani, S.Psi.,MSi (Psikolog Universitas Brawijaya Malang), dan Prof Euis Sunarti (Guru Besar Ketahanan dan Pemberdayaan Keluarga IPB University). (her/yes/ao)

Simak podcast diskusinya:

Artikel sebelumnyaErizal Barnawi, Pelestari Alat Musik Tradisional Lampung
Artikel selanjutnyaIni Polres Yang Paling Tinggi Angka Laka Lantas Selama Operasi Zebra