Mahasiswi Fakultas Ilmu Budaya UNDIP  Gelar Program Peningkatan Pemahaman Literasi Bahasa Inggris

Patia Atalian Fastabilla saat mengajar di TPQ Miftahul Huda, Desa Sidorejo

Semarang, Radio Idola 92,6 FM – Sebagai upaya mendorong peningkatan literasi bahasa Inggris, mahasiswi fakultas ilmu budaya UNDIP melakukan program edukasi di TPQ Miftahul Huda, Desa Sidorejo.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman literasi dalam bahasa Inggris pada anak-anak usia 9-12 tahun,  ditengah keterbatasan pengajaran Bahasa Inggris di SD Desa Sidorejo.

Salah seorang mahasiswi Sastra Inggris Universitas Diponegoro bernama Patia Atalian Fastabilla mengatakan, anak-anak di sekolah  tersebut belum mendapatkan pelajaran Bahasa Inggris yang memadai,  untuk mendukung perkembangan berbahasa Inggris mereka di jenjang pendidikan berikutnya.

“kami melihat kebutuhan akan pemahaman literasi dalam bahasa Inggris menjadi krusial, terutama karena pendidikan Bahasa Inggris di desa ini kurang menekankan pemahaman literatur dalam bahasa Inggris,” ungkap Patia

Dalam acara tersebut, Patia berperan sebagai pengajar yang membantu 20 anak usia 9-12 tahun dalam memahami Bahasa Inggris. Program dimulai dengan pengenalan dasar Bahasa Inggris, termasuk struktur kalimat dan jenis-jenis kata. Selanjutnya, anak-anak diberikan modul berbahasa Inggris dengan tema “Daily Activity”.

“Anak-anak diajak untuk menirukan cara membaca dengan benar, membaca teks secara mandiri, mengartikan makna teks, dan memahami kontennya,” kata Patia

Program ini juga melibatkan dua anak yang tampil baik dalam kegiatan tersebut dan diberi apresiasi dalam bentuk reward kecil.

“Tujuannya adalah untuk memberikan motivasi ekstra kepada para siswa dalam mengembangkan kemampuan Bahasa Inggris mereka,” terangnya

Dengan menggabungkan pendekatan edukasi dan interaktif, program ini berhasil memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan pemahaman literasi Bahasa Inggris pada anak-anak di Desa Sidorejo.

Melalui upaya ini, Patia telah membantu membuka peluang lebih luas bagi perkembangan berbahasa Inggris anak-anak di masa depan.(tim)