Mantap Nih! TPID Jateng Perkuat Kerja Sama Antardaerah

Ndari Surjaningsih
Deputi Kepala Perwakilan BI Jateng Ndari Surjaningsih (dua dari kiri) saat memberikan kenang-kenangan kepada perwakilan TPID Sulawesi Selatan dan Aceh.

Semarang, Idola 92,6 FM – Dalam upaya mengendalikan laju inflasi akibat pergerakan kenaikan harga komoditas pangan maupun kebutuhan lainnya, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Jawa Tengah melakukan perkuatan kerja sama dengan daerah lainnya.

Salah satunya, menerima kunjungan studi banding dari TPID Sulawesi Selatan dan Aceh.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng Rahmat Dwisaputra mengatakan kehadiran TPID Sulawesi Selatan dan TPID Aceh, akan menjadi pemicu perkuatan sinergi dan koordinasi antar-TPID. Hal itu dikatakan usai menerima kunjungan TPID Sulawesi Selatan dan Aceh di kantornya, kemarin.

Rahmat menjelaskan, dalan pertemuan dan kerja sama antar-TPID itu akan mampu mengendalikan inflasi di masing-masing daerah.

“Diharapkan dapat semakin memperkuat sinergi dan koordinasi antar-TPID dalam menjaga kestabilan harga pangan secara nasional, sehingga sasaran angka inflasi nasional sebesar 3±1 persen pada 2023 dapat tercapai,” kata Rahmat.

Sementara itu, guna perkuatan sinergitas dan koordinasi antar-TPID dilakukan focus group discussion (FGD) dan capacity building hingga on site visit.

Hal itu dilakukan, guna memerkaya khasanah pengendalian inflasi pangan yang dilakukan TPID Jateng.

Deputi Kepala Perwakilan BI Jateng Ndari Surjaningsih menambahkan, pembahasan utama yang diangkat mengenai penjajakan Kerja sama Antar Daerah (KAD) dan peran Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) pangan di Jateng dalam program pengendalian inflasi di daerah.

Menurutnya, penerapan KAD dinilai dapat menjadi solusi atas persoalan produksi musiman dan disparitas harga pangan.

“Kunjungan dimaksud sekaligus bertujuan untuk melakukan penjajagan KAD antara TPID Jateng, TPID Provinsi Sulawesi Selatan dan TPID Provinsi Aceh. Terutama untuk komoditas bawang merah,” ucap Ndari.

Lebih lanjut Ndari menjelaskan, pihaknya juga mengajak TPID Sulawesi Selatan dan Aceh kunjungan ke salah satu kelompok tani champion bawang merah di Brebes.

Guna mewujudkan KAD di antara ketiga provinsi tersebut, Kantor Perwakilan Bank Indonesia di setiap wilayah sebagai bagian dari TPID siap menjadi mitra strategis dan memfasilitasi agar kerja sama tersebut dapat dijalankan guna pengendalian agar inflasi di daerah. (Bud)

Artikel sebelumnyaJoss! 200 Ribu Lebih Penumpang Dilayani di Bandara Ahmad Yani Selama Mei 2023
Artikel selanjutnya27 Daerah Beradu di Investment Challenge 2023