Mengenal Kalingga Apriliya Mayani, Guru Muda Kreatif dari Kota Bekasi

Kalingga Apriliya Mayani
Kalingga Apriliya Mayani Guru Muda SMA Patriot dan SMK Kesehatan Patriot III Kota Bekasi Jawa Barat. Bu Lingga panggilan akrabnya mengampu mata pelajaran matematika, kimia dan fisika. Dalam mengajari siswa-siswinya, ia menggunakan cara yang berbeda. Berasa piknik, tapi belajar tetap serius. (Dok Lingga)

Bekasi, Idola 92.6 FM – Di tangan sosok guru satu ini pembelajaran di ruang kelas menjadi menyenangkan. Bahkan, suasana di kelas layaknya piknik bagi para siswa.

Sosok guru kreatif itu adalah Kalingga Apriliya Mayani (27 tahun), guru muda SMA Patriot dan SMK Kesehatan Patriot III Kota Bekasi Jawa Barat. Siswa bisa santai saat mengikuti pelajaran yang diampu oleh Bu Lingga, panggilan akrabnya.”Pakai pendekatan personal,”ungkap Bu Lingga yang mengampu mata pelajaran matematika, fisika, dan kimia kepada radio Idola, pagi (19/01) tadi.

Salah satu kegiatan Bu Lingga saat mengajar siswa. (Dok Lingga)
Salah satu kegiatan Bu Lingga saat mengajar siswa. (Dok Lingga)

Sejak mulai mengajar tahun 2018, Bu Lingga sudah menerapkan metode belajar yang membuat siswa jadi enjoy di kelas. Ia berharap murid-muridnya bisa naik level dalam memahami pelajaran.”Aku ngajarnya tetap kayak ngajar, transfer ilmu,”jelas Bu Lingga yang tetap berpegang teguh jangan sampai dengan metode “santai” ini menjadi kebablasan. Karena itu, ia hanya menerapkan metode “santai” dalam hal-hal tertentu.

Tak hanya cara mengajar yang beda, Bu Lingga juga tidak pernah memberi Pekerjaan Rumah (PR) pada murid-muridnya.”Aku pribadi tidak mau bebani mereka,”alasan Bu Lingga mengapa tak memberi PR bagi muridnya.

Lalu, apakah ada hambatan selama mengajar? Apa yang membuat Bu Lingga keukeuh dengan metode mengajar seperti ini?

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Kalingga Apriliya Mayani, guru muda SMA Patriot dan SMK Kesehatan Patriot III Kota Bekasi Jawa Barat. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaPresiden Jokowi Minta Pemda Membuat “Dana Abadi”
Artikel selanjutnyaRp32,52 T Realisasi Penerimaan Pajak DJP Jateng I Sepanjang 2022
Jurnalis senior dan gate keeper Radio Idola Semarang