Mengenal Komunitas SEJUMI dari Pulau Sebatik Kaltara

Suprianto Haseng
Suprianto Haseng, Founder Komunitas SEJUMI dari Pulau Sebatik Kalimantan Utara.(Dok Yanto)

Sebatik, Idola 92.6 FM – Komunitas SEJUMI (Sejuta Mimpi Anak Batas) merupakan sebuah komunitas relawan peduli sosial dan pendidikan anak batas yang berusaha untuk mewujudkan mimpi-mimpi kecil anak batas dengan cara sederhana.

Bersama mahasiswa pulau Sebatik lainnya di Jakarta, Suprianto Haseng, founder SEJUMI mendirikan rumah baca yang diberikan nama Rumah Baca Teras Perbatasan. Yanto, panggilan akrab Suprianto Haseng, bercerita, ia dan teman-temannya mengumpulkan buku-buku untuk kemudian dikirim ke pulau Sebatik Kalimantan Utara.

Penyaluran buku
Penyaluran buku ke Pulau Sebatik didukung oleh PT POS Indonesia.(Dok Yanto)

“Jadi awal berdirinya itu tahun 2017, masih kuliah di Jakarta, di situ kita dirikan komunitas ini.Waktu itu dari tahun 2017-2020, kita mengirimkan buku-buku ke Sebatik dan daerah-daerah lainnya,”tutur Yanto kepada radio Idola, pagi (20/11) tadi. Dalam pengiriman buku, mereka didukung oleh PT Pos Indonesia.

Menurut Yanto, dengan kiriman buku-buku bacaan ini, anak-anak di pulau Sebatik bisa membaca. Terlebih di pulau Sebatik tak ada toko buku.

Kegembiraan anak-anak
Kegembiraan anak-anak di Pulau Sebatik Kaltara, setelah dapat buku.(Dok Yanto)

Suprianto Haseng dikenal juga sebagai Direktur Program dan Head of Media Millenial Talk Institute, dan Penyuluh Antikorupsi Tersertifikasi LSP KPK RI. Atas gerakan ini, Yanto mendapat apresiasi dari SATU Indonesia Awards Tingkat Provinsi 2023.

Selengkapnya, mengenal komunitas SEJUMI, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Suprianto Haseng, Founder Komunitas SEJUMI dari Pulau Sebatik Kalimantan Utara. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaImigrasi Terbitkan Visa Diaspora untuk Dukung Ekonomi Indonesia
Artikel selanjutnyaDi Tengah Keriuhan Persiapan Kampanye Pilpres, Apa Kabar Bonus Demografi?