Menteri PAN-RB Sosialisasikan Perubahan Roadmap RB 2020-2024

Abdullah Azwar Anas
Abdullah Azwar Anas, Menteri PAN-RB.

Semarang, Idola 92,6 FM – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) menggelar sosialisasi dan asistensi Reformasi Birokrasi (RB) tematik dan perubahan roadmap reformasi birokrasi 2020-2024 di Gradhika Bhakti Praja, Kamis (30/4).

Sosialisasi dilaksanakan sebagai bentuk upaya mendorong instansi pemerintah, agar melakukan RB yang lebih berdampak kepada masyarakat.

Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas mengatakan sosialisasi menjadi wadah berbagi pengetahuan dan pembelajaran interaktif antar-instansi pemerintah, dalam pelaksanaan RB Tematik.

Jateng dipilih menjadi provinsi pertama asistensi RB Tematik, karena sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintahan dan reformasi birokrasinya mendapat nilai A.

Menurut Anas, RB Tematik merupakan strategi baru dalam roadmap RB 2020-2024 yang memiliki waktu pelaksanaan hingga 2024 mendatang.

Dengan waktu yang terbatas itu, ditetapkan empat tema pelaksanaan RB Tematik.

Anas menjelaskan, tema tersebut adalah pengentasan kemiskinan, peningkatan investasi dan digitalisasi administrasi pemerintahan serta percepatan prioritas aktual presiden.

Yang menjadi prioritas presiden adalah peningkatan penggunaan produk dalam negeri dan pengendalian inflasi.

“Nah di birokrasi juga sama, urusan banyak, tapi kita pilih sesuai arahan bapak presiden. Kalau bapak ibu selesaikan ini, Insya Allah program di kabupaten/kota pasti elektabilitas akan naik,” kata Anas.

Lebih lanjut Anas menjelaskan, konsep RB Tematik merupakan upaya dan sarana untuk mengurai serta menjawab atau mengatasi akar permasalahan tata kelola pemerintahan yang dirasakan langsung masyarakat.

Dengan teratasinya akar masalah dalam tata kelola tersebut, maka akan mempercepat tercapainya tujuan dan sasaran kebijakan pembangunan.

“Roadmap RB kami perbaiki dan lebih fokus ke RB Tematik. Kami akan lakukan pendampingan untuk rencana aksi sampai besok,” pungkasnya. (Bud)