Peduli Penyandang Disabilitas, OJK Jateng-DIY Beri Dukungan Peningkatan Akses Keuangan

Staf OJK Jateng-DIY
Petugas keamanan dan staf OJK Jateng-DIY saat membantu para penyandang disabilitas.

Semarang, Idola 92,6 FM – OJK Kantor Regional 3 Jawa Tengah-Yogyakarta memberikan rasa kepedulian kepada para penyandang disabilitas, untuk bisa didorong peningkatan akses keuangannya.

Dorongan itu dilakukan, agar lembaga jasa keuangan (LJK) di wilayah Jateng-DIY bisa memberikan akses keuangan kepada para penyandang disabilitas.

Kepala OJK Kanreg 3 Jateng-DIY Sumarjono mengatakan pihaknya terus mendorong LJK, agar bisa memberikan kemudahan akses layanan keuangan bagi para penyandang disabilitas. Hal itu dikatakan saat sosialisasi Produk Kredit Produktif dan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bagi penyandang disabilitas di Semarang, kemarin.

Sumarjono menjelaskan, LJK di Jateng harus mampu memiliki standar pelayanan bagi penyandang disabilitas untuk dapat diimplementasikan hingga ke unit-unit pelayanan jasa keuangan terkecil.

“Melalui kegiatan ini, seluruh LJK yang berpartisipasi dapat membantu penyandang disabilitas mendapatkan akses layanan keuangan yang legal agar terhindar dari tawaran investasi/produk jasa keuangan ilegal yang merugikan,” kata Sumarjono.

Lebih lanjut Sumarjono menjelaskan, pihaknya juga menggandeng sejumlah LJK untuk memberikan sosialisasi tentang berbagai produk keuangan semacam kredit produktif dan KPR.

Para penyandang disabilitas juga diberikan pendampingan, dalam mengakses produk keuangan yang ditawarkan.

“Peserta langsung mendapatkan akses keuangan baik pembiayaan, investasi maupun agen keuangan sebanyak 20 persen dari seluruh peserta. Diharapkan dengan kegiatan tersebut, akan semakin memperkuat komitmen dan dukungan dari seluruh stakeholders dalam rangka pemenuhan dan peningkatan akses keuangan bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia,” pungkasnya. (Bud)