Pemprov Siapkan Peralatan Hadapi Musim Hujan

Persiapan musim hujan
Pj Gubernur Nana Sudjana saat memeriksa personel dan peralatan dalam rangka menghadapi bencana di musim hujan.

Semarang, Idola 92,6 FM-Dalam menghadapi bencana di musim hujan, Pemprov Jawa Tengah telah menyiagakan personel dan peralatan.

Potensi bencana yang terjadi di wilayah Jateng saat musim hujan di antaranya adalah tanah longsor dan banjir.

Pj Gubernur Nana Sudjana mengatakan baik peralatan maupun personel yang disiapkan itu, sebagai upaya pencegahan dalam menghadapi bencana. Hal itu dikatakan usai apel kebencanaan di halaman kantor gubernuran, Senin (27/11) sore.

Menurut Nana, kerawanan bencana hidrometeorologi yang biasanya terjadi saat musim hujan di antaranya adalah banjir, longsor dan angin puting beliung.

Nana menjelaskan, pemerintah sudah melakukan langkah-langkah untuk mengantisipasi potensi bencana di musim hujan tahun ini.

Namun demikian, pemprov meminta masyarakat yang tinggal di kawasan rawan bencana hidrometeorologi tetap waspada dan berhati-hati.

“Apel ini dalam rangka untuk mengecek kembali, dan mengantisipasi kesiapsiagaan yang harus kita lakukan dalam menghadapi potensi bencana. Ini semuanya dalam rangka upaya-upaya penanggulangan. Kita sudah menyampaikan warning kepada masyarakat, supaya masyarakat tetap waspada,” kata Nana.

Sementara itu, kegiatan apel kebencanaan diikuti sejumlah instansi terkait dan juga personel TNI/Polri.

Bahkan, juga digelar sejumlah peralatan pendukung dalam upaya mengantisipasi dan mengatasi kejadian kebencanaan. (Bud)