Savira Alvina Syakur, Petani Milenial Kopi dari Bandasari Bandung

Savira Alvina Syakur
Savira Alvina Syakur, Petani Milenial Kopi dari Bandasari Kecamatan Cangkuang Kabupaten Bandung Jawa Barat.(Dok Savira)

Bandung, Idola 92.6 FM – Pemilik Coffee Gunung (Kopgun) ini sukses melakukan hilirisasi produk kopi hingga mendapat omzet Rp 90 juta per bulan. Didukung oleh keluarga, Savira yang punya lahan kebun kopi seluas 3 hektar tersebut mampu memproduksi kopi sendiri dari mulai proses pemanenan, pengolahan hingga menjual kopi tersebut di kafe miliknya.

Nama lengkapnya Savira Alvina Syakur. Petani milenial kopi dari Bandasari Kecamatan Cangkuang Kabupaten Bandung Jawa Barat. Savira mulai mencoba berbisnis kopi dan membuka coffee sejak 2019 lalu. Kala ia kuliah, di Kota Bandung.

Berdasar pengalaman sehari-hari waktu ke coffee shop, ia pun bertekad untuk mengembangkan dunia perkopian yang selama ini digeluti orang tuanya. Menurut Savira, waktu itu orang tuanya menjual hasil panen kopi dengan harga murah.”Sebelum menjamur coffee shop, kopi-kopi ini dijual murah. Kenapa tidak kita olah sendiri. Kebetulan kuliah di desain,”tutur Savira kepada radio Idola, pagi (28/11) tadi.

Salah satu produk Kopgun Bandung.
Salah satu produk Kopgun Bandung.(Dok Savira)

Upaya yang dilakukan selama ini, menghasilkan bisnis kopi yang menjanjikan. Omzet dalam sebulan mencapai puluhan juta rupiah. Bahkan kopigun sudah ikut pameran kopi di Turki. Savira juga bercerita jika dulu terjun langsung untuk meracik kopi, kini kopigun sudah punya barista.

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Savira Alvina Syakur, Petani Milenial Kopi dari Bandasari Kecamatan Cangkuang Kabupaten Bandung Jawa Barat. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya: