Riza Azyumarridha Azra, Petani dan Pengusaha Milenial dari Banjarnegara

Riza Azyumarridha Azra
Riza Azyumarridha Azra Petani dan Pengusaha milenial/founder and CEO Rumah Mocaf Indonesia.(foto: ig Riza)

Banjarnegara, Idola 92.6 FM – Sosok satu ini berhasil mengembangkan usaha olahan singkong dengan Brand “Mocafine.” Rumah Mocaf pertama kali dirintis sebagai program pemberdayaan petani singkong di Banjarnegara Indonesia pada tahun 2014. Proyek ini berkembang menjadi industri berbasis sociopreneur sejak tahun 2017.

Sosok satu ini adalah Riza Azyumarridha Azra (31), petani dan pengusaha milenial, founder and CEO Rumah Mocaf Indonesia dari Banjarnegara Jawa Tengah.

Atas dedikasi di bidang pertanian, Riza yang didapuk menjadi Duta Petani Milineal Kementerian Pertanian RI, mendapat sejumlah penghargaan seperti Anugerah Bangga Buatan Indonesia (BBI) 2020, Indonesia Food Innovation 2020, Kick Andy Heroes 2021, dan Anugerah Revolusi Mental 2022.

Bersama Rumah Mocaf Indonesia, Riza Azyumarridha Azra Founder and CEO Rumah Mocaf Indonesia bermimpi Indonesia benar-benar bisa berdaulat pangan.(foto: ig Riza)

Menurut Riza, perkenalannya dengan singkong tak lepas dari curhat dari petani singkong di Banjarnegara. Sang petani membiarkan lahan singkong sekitar 1-2 hektar. Singkong dibiarkan membusuk karena kalau dipanen, petani justru rugi karena dihargai sangat murah. Dari situlah, ia mulai belajar dan menggali tentang singkong. Tak hanya via artikel, dan jurnal, sarjana teknik elektro ini juga bersilaturahmi ke pakar singkong. Hingga akhirnya, usaha persingkongan berkembang pesat seperti sekarang ini.

“Kami punya produk turunan, cookies, gula singkong cair, alhamdulillah sudah menyebar ke berbagai provinsi di Indonesia, dan juga ekspor ke beberapa negara,”tutur Riza kepada radio Idola Semarang, pagi (13/05) ini.

Tak hanya bisa dinikmati konsumen dalam negeri, mocafine juga bisa dinikmati konsumen luar negeri, seperti di London.(foto: ig Riza)

Ia terus berinovasi untuk mengangkat martabat petani singkong. Terlebih berdasarkan data tahun 2017, Indonesia penghasil singkong terbesar kedua setelah Brasil. Tapi hampir 90 persen petani singkong di Indonesia hidup di bawah garis kemiskinan.

Di Banjarnegara, Rumah Mocaf telah memberi lapangan pekerjaan kepada lebih dari 650 masyarakat. Produk Rumah Mocaf juga sudah semakin dikenal masyarakat Indonesia melalui platform e-commerce.

Lalu, apa mimpi Riza terhadap singkong dan pangan Indonesia?

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Riza Azyumarridha Azra, petani dan pengusaha milenial, founder and CEO Rumah Mocaf Indonesia dari Banjarnegara Jawa Tengah. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya: