Rizal Mahardika, Peternak Milenial dan Pembudidaya Ayam Arab asal Gresik

Rizal Mahardika
Rizal Mahardika, peternak Milenial dan pemilik Mahardika Farm dari Desa Kambingan Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik Jawa Timur.(Foto; Rizal)

Gresik, Idola 92.6 FM – Sosok satu ini dikenal sebagai anak muda pembudiaya ayam arab di Kabupaten Gresik. Saat ini, tercatat, sudah lebih dari 2500 ekor ayam arab yang dimilikinya. Usahanya melalui Mahardika Farm pun terus berkembang.

Sosok itu adalah Rizal Mahardika, peternak Milenial dan pemilik Mahardika Farm dari Desa Kambingan Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik Jawa Timur.

Rizal Mahardika
Rizal Mahardika, peternak Milenial dari Gresik Jawa Timur bersama telur ayam arab hasil peternakannya.(Foto: Rizal)

Menurut alumni Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) dari Polbangtan Malang itu, ia mulai mengenal ayam arab sejak 2012. Kala masih duduk di bamgku SMA. Tak berlebih karena memang orangtua Rizal adalah peternak ayam. Jadi Rizal pun memilih ayam arab untuk bisnisnya.

“Disebut ayam arab karena ada bintik-bintik putih kayak sorban,”tutur Rizal kepada radio Idola Semarang, pagi (14/03) tadi. Saat itu, menurut Rizal mereka baru mempunyai 300 ekor. Kemudian berkembang menjadi 500 ekor, lalu 1000 ekor, 2000 ekor dan kini 2.750 ekor.

Peternak Milenial
Rizal Mahardika Peternak Milenial saat mengikuti Acara Pameran Peternakan dan Pertanian bersama Bupati Gresik.(Foto; Rizal)

Menurut Rizal, selain memiliki kualitas luar biasa dalam produksi telur, ayam arab membantu mengurangi biaya pakan. Keuntungan lainnya adalah pasar lokal untuk telur ayam memiliki segmen pasar tersendiri, sehingga harga telur ayam arab cenderung stabil.

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Rizal Mahardika, peternak milenial dan pemilik Mahardika Farm dari .Desa Kambingan Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik Jawa Timur. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya: