Imas Wartisih, Petani Milenial dan Pendiri Berjaya Farm dari Bandung

Imas Wartisih
Imas Wartisih Petani Milenial dan Pendiri Berjaya Farm dari Pasirjambu, Kabupaten Bandung Jawa Barat.(Foto; Imas)

Bandung, Idola 92.6 FM – Sejak tahun 2017, sosok perempuan ini mendirikan Berjaya Farm dengan konsep pertanian terpadu khususnya pertanian hortikultura dan peternakan. Atas apa yang dilakukan, sarjana keperawatan itu dinobatkan sebagai young ambassador 2023 Kementerian Pertanian, mewakili Provinsi Jawa Barat.

Sosok itu adalah Imas Wartisih (30), Petani Milenial dan Pendiri Berjaya Farm dari Pasirjambu, Kabupaten Bandung Jawa Barat. Kepada radio Idola, ia bercerita, awal usahanya bersama suami, mereka mengeluarkan modal dari kantong pribadi sebesar Rp 80 juta untuk menanam kentang. Tapi hasilnya di luar ekspektasi, hanya balik Rp 20 juta.

Imas Wartisih
Imas Wartisih bersama suami fokus mengembangkan sayuran organik di Kabupaten Bandung.(Foto; Imas)

Dengan sisa modal itu, mereka mencoba kembali menanam kol. Kali ini, hasilnya juga di luar ekspektasi. Hanya kembali Rp 3 juta. Namun, Imas dan suami tak menyerah. Gagal, bangkit lagi. Gagal, bangkit lagi. Hingga akhirnya, ada pertemuan ikatan magang Jepang dari Kementan.

Dari pertemuan ini, ketemulah jalan keluar. Imas dan suami memutuskan untuk membuka lahan sayuran organik baby buncis. Jika dulu kirim baby buncis 15-30 kilogram, sekarang mencapai 300-500 kilogram per minggu.

Imas Wartisih
Lahan Imas Wartisih peraih young ambassador 2023 Kementerian Pertanian bersiap untuk ditanami sayuran organik.(Foto; Imas)

”Sekarang untuk baby buncis 1,2 hektar (lahan,red), 2,2 hektar untuk komoditas lainnya,”ungkap Imas kepada radio Idola, pagi (06/06) tadi.

Dengan hasil yang meningkat drastis, apa harapan Imas terhadap dunia pertanian?

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Imas Wartisih, Petani Milenial dan Pendiri Berjaya Farm dari Kabupaten Bandung. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya: