Penjabat Bupati Diminta Jaga Integritas dan Sinergitas Pemerintahan

Nana Sudjana
Pj Gubernur Nana Sudjana saat memberi ucapan selamat kepada ketiga penjabat bupati yang dilantik.

Semarang, Idola 92,6 FM – Tiga penjabat bupati dilantik dan diambil sumpah, untuk menjalankan roda pemerintahan di Kabupaten Banyumas dan Temanggung serta Kudus di Gradhika Bhakti Praja, Minggu (24/9) kemarin.

Terhadap ketiga penjabat bupati tersebut, harus memegang teguh integritas dalam bekerja dan penuh dedikasi.

Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana mengatakan salah satu indikator keberhasilan pemimpin daerah adalah bisa menyatukan dan mensinergikan anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), baik dengan pimpinan kepolisian atau pimpinan kejaksaan maupun pimpinan satuan teritorial TNI di daerah termasuk dengan pimpinan DPRD.

Selain itu, bersinergi dengan seluruh instansi terkait dan juga tokoh agama serta tokoh masyarakat.

Menurut Nana, sinergitas dibutuhkan untuk menghadapi berbagai tantangan dan salah satunya saat ini sejumlah daerah di Jateng sedang dilanda kekeringan.

Salah satu akibat dari kekeringan adalah penurunan stok beras, dan menyebabkan kenaikan harga pada komoditas tersebut.

Nana menjelaskan, apabila persoalan tersebut tidak sigap diatasi maka akan menjadi pemicu kenaikan angka inflasi.

“Saat ini terkait masalah beras, perintah Bapak Presiden Joko Widodo langsung kepada Bulog juga kepada para kepala daerah untuk segera mendistribusikan beras-beras yang ada di Bulog. Ini supaya harga beras stabil kembali. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan mendistribusikan cadangan berasnya. Distribusi diutamakan di wilayah-wilayah yang ekstrem kemiskinannya,” kata Nana.

Lebih lanjut Nana menjelaskan, kepada ketiga penjabat bupati juga diingatkan untuk menjaga situasi kondusif jelang Pemilu 2024.

Suasana kondusif di daerah bukan hanya untuk ajang pemilu saja, tapi juga untuk menciptakan iklim investasi positif di Jateng.

“Ini penting agar investor besar tertarik untuk menanamkan investasinya, dengan demikian akan mengurangi tingkat kemiskinan ataupun pengangguran dan angka kemiskinan di daerah masing-masing,” jelasnya.

Diketahui, Pj Gubernur Nana Sudjana melantik Pj Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro, Pj Bupati Kudus Bergas Catursasi dan Pj Bupati Temanggung Hari Agung Prabowo. (Bud)