Permudah Peserta JKN, BPJS Kesehatan Buka Portal Quick Response

Andi Ashar
Andi Ashar, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Semarang.

Semarang, Idola 92,6 FM-Dalam upaya memberikan kemudahan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan Cabang Semarang mengenalkan inovasi terbaru.

Yakni melalui Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan, dan Portal Quick Response (POROS) yang dirancang untuk memaksimalkan pemberian informasi serta menangani pengaduan peserta di rumah sakit maupun meningkatkan kualitas pelayanan bagi peserta (JKN).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Semarang Andi Ashar mengatakan keberadaan Loket Pelayanan Informasi dan POROS, petugas rumah sakit yang ditunjuk akan bertugas memberikan informasi dan menangani pengaduan peserta JKN terkait pelayanan. Hal itu dikatakan di sela peluncuran Loket Pelayanan Informasi dan POROS di RS Panti Wilasa Citarum Semarang, Jumat (29/9) sore.

Menurut Andi, petugas akan mencatat pada aplikasi Saluran Informasi dan Penanganan Pengaduan (SIPP).

Lokasi loket pelayanan informasi diprioritaskan di areal yang mudah terlihat dan diakses peserta JKN.

Andi menjelaskan, petugas rumah sakit bekerja sama dengan petugas BPJS SATU! dalam bentuk pelayanan onsite maupun mobile untuk memastikan peserta menerima pelayanan yang terbaik.

Waktu pelayanan di loket, disesuaikan dengan jam pelayanan rawat jalan di rumah sakit tersebut.

“Salah satu wujud nyata dari upaya transformasi mutu layanan adalah dengan penyediaan Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan di seluruh rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Keberadaan loket pelayanan informasi ini ditandai dengan adanya papan petunjuk,” kata Andi.

Lebih lanjut Andi menjelaskan, dengan dihadirkannya Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan dan POROS bisa berdampak terhadap peningkatan yang signifikan terhadap mutu layanan dan kepuasan peserta.

“Kami meminta kepada seluruh pihak, dapat bersinergi demi menciptakan pelayanan kesehatan yang berdampak positif terhadap perlindungan kesehatan seluruh masyarakat Indonesia,” pungkasnya. (Bud)