Pertamina Siapkan Petugas Motoris Layani Kebutuhan BBM di Rest Area Jalan Tol

Dua petugas motorist
Dua petugas motorist sedang menyiapkan jeriken berisi BBM sebelum ditawarkan kepada masyarakat pengguna jalan tol.

Semarang, Idola 92,6 FM-Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru), diperkirakan ada 14 juta lebih pemudik atau 503 ribu lebih kendaraan memasuki wilayah Jawa Tengah.

Oleh karena itu, Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah telah melakukan sejumlah langkah antisipasi termasuk menyiagakan tim motoris guna membantu kelancaran kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM) di sekitar rest area jalan tol.

General Manager Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah Aji Anom Purwasakti mengatakan di sepanjang ruas jalan tol yang berada di wilayah Jawa Tengah, pihaknya telah menambah kebutuhan dan ketersediaan BBM di SPBU rest area. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di Semarang, belum lama ini.

Aji Anom menjelaskan, diperkirakan saat libur Natal maupun Tahun Baru akan ada peningkatan kebutuhan BBM jenis Gasoline sebanyak delapan persen dan Gasoil sebanyak tujuh persen.

Oleh karena itu, guna menjamin kelancaran distribusi BBM selama libur Nataru disiapkan petugas motoris yang akan membantu pemenuhan kebutuhan BBM pemudik saat berada di rest area jalan tol.

Menurutnya, petugas motoris hanya melayani penjualan BBM di sekitar rest area saja dan tidak sampai di badan jalan tol.

“Selain yang reguler motoris di PDS, kami tambahkan ada empat motoris khusus untuk layanan tol. Tapi walaupun demikian motoris ini tidak keluar jalan tol, hanya melayani untuk kebutuhan di dalam rest area karena alasan safety,” kata Aji Anom.

Lebih lanjut Aji Anom menjelaskan, khusus para pemudik yang mengalami kendala karena kehabisan BBM saat di tengah jalan akan dilayani tim mobil siaga dengan membawa BBM kemasan.

Apabila ada pemudik kehabisan BBM di ruas jalan tol, bisa menggunakan layanan Pertamina 135 dan nanti akan dibantu mobil siaga yang membawa BBM kemasan.

“Masyarakat yang butuh BBM saat di ruas jalan tol tapi kehabisan di tengah jalan dan belum sampai di rest area, juga bisa kontak pengelola jalan tol. Mereka juga terkoneksi dengan layanan kami untuk bantu kebutuhan BBM-nya,” jelasnya.

Diketahui, Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah menggelar Satuan Tugas (Satgas) Nataru mulai 15 Desember 2023 sampai 7 Januari 2024.

Satgas Nataru yang digelar Pertamina itu, guna menjamin kelancaran BBM maupun elpiji selama masa libur Natal dan Tahun Baru. (Bud)